BEBERAPA MASALAH TENTANG KEWAJIBAN MEMBERIKAN NAFKAH TERHADAP ANAK DAN ISTERI DITINJAU DARI HUKUM ISLAM

RR. ISWORO UTAMI, 7277 (1982) BEBERAPA MASALAH TENTANG KEWAJIBAN MEMBERIKAN NAFKAH TERHADAP ANAK DAN ISTERI DITINJAU DARI HUKUM ISLAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
RR. ISWORO UTAMI.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rumah tangga adalah satu kesatuan suami isteri. Sebagaimana halnya dalam satu kesatuan organisasi yang besar, maka harus ada pribadi yang mengendalikannya, yang mengambil langkah-langkah dan tindakan pada saat-saat yang memerlukan. Dalam organisasi kesatuan rumah tangga pun ada kendali yang demikian. Laki-laki sebagai suami adalah pribadi yang bertanggung jawab terhadap penghuni rumah tangganya yaitu anak dan isteri. Sedang perempuan sebagai isteri merupakan pribadi yang memegang fungsi memelihara rumah tangga suaminya dan mengasuh anak-anaknya. Oleh karena itu, di dalam kehidupan suami dan isteri atau soal rumah tangga, suami diwajibkan oleh agama untuk memberi nafkah kepada isteri dan anaknya dengan cara yang ma'ruf, selama tidak dijumpai suatu pendurhakaan isteri atau sebab-sebab lain yang menjadi penghalang bagi pemberian nafkah. Isteri harus taat kepada suaminya, mengatur rumah tangga, mengurus keperluannya, menjaga dan mendidik putera-puterinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK - 2 Per 448/82 Isw b
Uncontrolled Keywords: ISLAMIC LAW
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K623-968 Civil law > K625-709 Persons > K670-709 Domestic relations. Family law
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
RR. ISWORO UTAMI, 7277UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorIsmed Baswedan, S.HUNSPECIFIED
ContributorAbdoel Mutholib, S.HUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 04 Jul 2013 12:00
Last Modified: 03 Aug 2016 01:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/13502
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item