DAMPAK DITERAPKANNYA PRINSIP WAWASAN NUSANTARA TERHADAP HAK PELAYARAN KAPAL-KAPAL ASING

ARIEF LAKSANA, 037710470 (1983) DAMPAK DITERAPKANNYA PRINSIP WAWASAN NUSANTARA TERHADAP HAK PELAYARAN KAPAL-KAPAL ASING. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
ARIEF LAKSANA.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berdasarkan analisa pembahasan saya mengenai "Dampak diterapkannya Prinsip Wawasan Nusantara terhadap Hak pelayaran Kapa-kapal Asing" maka dapat disimpulkan bahwa dengan adanya pengakuan Wawasan Nusantara oleh dunia internasional menimbulkan konsekuwensi bagi Indonesia untuk mengadakan pengaturan khusus mengenai alur pelayaran internasional bagi negara-negara lain. Sebab sebelum diterapkannya prinsip Wawasan Nusantara banyak terdapat daerah perairan di sekitar dan di antara pulau-pulau yang terletak di bagian dalam garis dasar yang merupakan laut bebas dimana hal ini sangat merugikan Pemerintah Indonesia sendiri karena banyak kapal-kapal asing yang dapat memasuki wilayah bagian dalam perairan Indonesia tanpa memerlukan izin dahulu dari Pemerintah Indonesia. Dengan adanya kebebasan ini selain merugikan Pemerintah Indonesia juga sangat membahayakan bagi terjaminnya keamanan perairan di sekitar perairan pedalaman Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK - 2 Int 53/83 Ari d
Uncontrolled Keywords: WAWASAN NUSANTARA
Subjects: J Political Science > JX International law
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K7000-7720 Private international law. Conflict of laws > K7340-7512 Commercial law > K7449-7460 Maritime law
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
ARIEF LAKSANA, 037710470UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAbdoel Rasyid, S.H., LL.M.UNSPECIFIED
Thesis advisorEmmy Yuhassarie, S,H., LL.M.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 04 Jul 2013 12:00
Last Modified: 03 Aug 2016 02:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/13507
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item