FUNGSI DAN PERANAN ABRI SEBAGAI PENGENDALI UTAMA POLITIK NASIONAL

SITI ALIFAH, 038742453 (1988) FUNGSI DAN PERANAN ABRI SEBAGAI PENGENDALI UTAMA POLITIK NASIONAL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
SITI%20ALIFAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Angkatan bersenjata Republik Indonesia yang lahir dari kancah revolusi kemerdekaan, memegang peranan yang sangat menentukan dalam menghadapi setiap ancaman yang membahayakan integritas nasional. Disamping itu fungsi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia sebagai kekuatan Pertahanan Keamanan dan sebagai kekuatan Sosial Politik. Hal ini merupakan fungsi khas militer di Indonesia yang tidak dapat disamakan dengan 'fungsi militer dinegara-negara Lain, begitu pula dengan peranannya dalam kehidupan politik di Indonesia, Dengan mengingat berbagai permasalahan yang ada, maka dapat disimpulkan sebagai berikut : ABRI berkecimpung dibidang politik, karena ABRI sejak lahirnya sudah mengenai politik, disamping itu karena Partai Politik sendiri belum dapat berfungsi sebagaimana mestinya yang masih berorientasi pada partainya masing-masing, yang seringkali kurang memperhatikan kepentingan nasional sehingga partai politik kurang mampu menghasilkan program-program yang meletakkan bangsa Indonesia pada keadaan dan perkembangan yang lebih baik. ABRI berperan sebagai pengendali politik Nasional sejauh rakyat menghendaki dan membutuhkan berdasarkan keadaan yang mendesak serta pada batas-batas tertentu yang relevan menurut situasi dan kondisi obyektif yakni, bergantung pada situasi dan kondisi yang mempengaruhi keselamatan persatuan dan kesatuan bangsa dan negara. Jadi besar kecilnya peranan itu ditentukan oleh intensitas bahaya yang mengancam Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK - 2 Tat 111/88 Ali f
Uncontrolled Keywords: CORPORATE GOVERNANCE; POLITIC
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
SITI ALIFAH, 038742453UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRomlah Sartono, S.H., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 08 Jul 2013 12:00
Last Modified: 18 Jun 2017 19:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/13539
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item