MASALAH YANG TIMBUL AKIBAT TERBITNYA CEK KOSONG

SIANA SUWARNI WIJAYA, 038512076 (1989) MASALAH YANG TIMBUL AKIBAT TERBITNYA CEK KOSONG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
SIANA SUWARNI WIJAYA.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam praktek perbankan, seseorang dapat menerbitkan suatu cek apabila si penarik cek sudah menjadi nasabah yang mempunyai rekening giro pada suatu bank (tertarik), serta disyaratkan tersedianya dana/fonds yang cukup atas cek tersebut. Penyediaan dana/fonds harus terlaksana pada waktu cek tersebut diunjukkan pada bank tertarik guna dimintakan pembayarannya. Akibat dari penarikan cek maka timbul hubungan hukum antara penarik dengan pemegang dan tertarik. Tidak tersedianya dana/fonds yang cukup atas cek yang diunjukkan guna dimintakan pembayarannya kepada bank tertarik, mengakibatkan cek tersebut ditolak oleh bank sebagai cek kosong. Dan terhadap penariknya dianggap telah melakukan penarikan cek kosong. Penarikan cek kosong dikenakan sanksi hukum perdata tetapi tidak menutup kemungkinan untuk dapat dituntut hukum pidana apabila memenuhi unsur hukum pidana. Dan sanksi lainnya ialah sanksi administratif yang dijatuhkan oleh bank dengan memberikan surat peringatan, hanya diberikan pada penarik cek yang ditolak pembayarannya karena adanya tidak mencukupi, serta penutupan rekening giro penarik pada semua bank, kalau dilakukan penarikan cek kosong tiga kali berturut-turut dalam waktu enam bulan, Penarikan cek bertanggal kemudian/post dated cek oleh bank, tanggal penarikannya tidak diakui. Kalau pemegang cek mengunjukkan sebelum tanggal penarikan cek tersebut, maka bank akan melakukan pembayaran kalau dananya mencukupi. Jika tidak ada dana/fonds maka cek tersebut akan ditolak dengan alasan cek kosong.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK - 2 Per 1405/89 Wij m
Uncontrolled Keywords: CIVIL LAW
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1685-1704 Drafts. Checks
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K623-968 Civil law
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
SIANA SUWARNI WIJAYA, 038512076UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDjoko Slamet, S.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 10 Jul 2013 12:00
Last Modified: 05 Aug 2016 03:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/13555
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item