ARTI PENTINGNYA KONOSEMEN DIDALAM PENYERAHAN BARANG OLEH PENGANGKUT DI LAUT

DJOKO WASPODO, 038311669 (1989) ARTI PENTINGNYA KONOSEMEN DIDALAM PENYERAHAN BARANG OLEH PENGANGKUT DI LAUT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
DJOKO WASPODO.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam pengangkutan barang dilaut, seorang pengangkut harus bertanggung jawab atas keselamatan barang-barang muatan yang diangkutnya sejak saat barang dinaikkan ke atas kapal sampai dengan barang diserahkannya kepada orang yang berhak untuk menerimanya, yaitu orang yang dapat menunjukkan konosemen asli dari barang- barang tersebut. Konosemen merupakan dokumen/surat yang harus ada didalam setiap pengangkutan barang di laut, karena didalam konosemen dimuat mengenai berapa jumlah barang, catatan-catatan mengenai keadaan barang dan tercantum pula nama orang/pihak yang berhak atas barang tersebut. Oleh karena itu selain konosemen sebagai dokumen angkutan, sekaligus juga sebagai tanda bukti hak milik atas barang dan sebagai dasar untuk mengajukan klaim. Walaupun didalam KUH Dagang ditegaskan, bahwa hanya pemegang konosemen asli sajalah yang dapat menuntut penyerahan sejumlah barang yang tertulis didalamnya yang mana konosemen asli ini harus diserahkan kembali kepada pengangkut apabila barang muatan akan diambil. Namun didalam prakteknya meskipun konosemen asli belum diterima oleh penerima barang, maka untuk sementara kedudukan konosemen asli dapat digantikan kedudukannya dengan suatu surat jaminan yang berupa garansi bank.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK - 2 Dag 248/91 Was a
Uncontrolled Keywords: CARRIER AT SEA
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3840-4375 Regulation of industry, trade, and commerce. Occupational law > K3941-3974 Trade and commerce
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
DJOKO WASPODO, 038311669UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDjoko Slamet, S.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 10 Jul 2013 12:00
Last Modified: 29 Sep 2016 00:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/13557
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item