GUGATAN KARENA INGKAR JANJI PADA PERKAWINAN POLIGAMI DALAM KAITANNYA DENGAN PEMENUHAN KEWAJIBAN SEBAGAI SUAMI

NGATIPAH, 038211340 (1988) GUGATAN KARENA INGKAR JANJI PADA PERKAWINAN POLIGAMI DALAM KAITANNYA DENGAN PEMENUHAN KEWAJIBAN SEBAGAI SUAMI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
NGATIPAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Syarat poligami menurut hukum Islam yaitu suami harus sanggup berlaku adil. Suami harus tetap berada pada garis keseimbangan dalam keadilan, baik yang menyangkut masalah nafkah, pendidikan anak-anak, kasih sayang maupun terpeliharanya syarat keadilan antara istri yang satu dengan yang lain. Syarat adanya jaminan berlaku adil yang diatur dalam pasal 5 ayat (1) huruf (c) Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 dibuat dalam bentuk tertulis yang berupa surat pernyataan berlaku adil, yang berisi janji dari suami dan sanksinya apabila suami sewaktu-waktu mengingkari janjinya. Apabila sewaktu-waktu suami mengingkari janjinya, maka istri diberi hak untuk menuntut ganti rugi atas segala sesuatu akibat kelalaian dan pengabaian pihak suami. Selain tuntutan ganti rugi, pihak istri juga dapat mengajukan gugatan tambahan berupa pemulihan kembali hak-haknya sebagai istri. Tidak semua perselisihan suami-istri (rumah tangga) harus diakhiri dengan perceraian. Tetapi dalam kasus ingkar janji oleh suami yang berpoligami, yang sering terjadi dalam masyarakat adalah istri cenderung mengajukan gugatan perceraian apabila ternyata suami mengingkari janjinya atau tidak memenuhi kevajibannya seperti yang tercantum dalam surat penyataan berlaku adil, jarang sekali istri yang mengajukan gugatan ganti rugi dan pemulihan haknya sebagai istri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK - 2 Per 1079 / 88 Nga g
Uncontrolled Keywords: POLIGAMY (ISLAMIC LAW); POLYGAMY - LAW AND LEGISLATION
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ981-996 Polygamy
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
NGATIPAH, 038211340UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAbdoel Moetholib, S.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 15 Jul 2013 12:00
Last Modified: 18 Jun 2017 21:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/13577
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item