KEDUDUKAN HUKUM KONTRAK KONSESI PENGELOLAAN PELABUHAN

AYU SARI PRADIPTA, 030911149 (2013) KEDUDUKAN HUKUM KONTRAK KONSESI PENGELOLAAN PELABUHAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-pradiptaay-26628-5.abstr-k.pdf

Download (121kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
AYU SARI PRADIPTA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (797kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Konsesi adalah pemberian hak oleh penyelenggara pelabuhan kepada Badan Usaha Pelabuhan untuk melakukan kegiatan penyediaan dan/atau pelayanan jasa kepelabuhanan tertentu dalam jangka waktu tertentu dan kompensasi tertentu. Penyelenggara pelabuhan adalah Otoritas Pelabuhan, yang merupakan lembaga pemerintah di pelabuhan yang melaksanakan fungsi pengaturan, pengendalian, dan pengawasan kegiatan kepelabuhanan yang diusahakan secara komersial. Sedangkan Badan Usaha Pelabuhan adalah badan usaha yang kegiatan usahanya khusus di bidang pengusahaan terminal dan fasilitas pelabuhan lainnya. Badan usaha yang dimaksud adalah Badan Usaha Milik Negara, Badan Usaha Milik Daerah, atau badan hukum Indonesia yang khusus didirikan untuk pelayaran. Salah satu latar belakang konsesi dalam pengelolaan pelabuhan adalah tingginya biaya ekonomi di pelabuhan. Pemerintah sebagai pemilik aset di pelabuhan namun dengan biaya yang terbatas untuk mengelola dan mengembangkannya. Untuk itu pemerintah memberikan haknya kepada Badan Usaha Pelabuhan untuk melakukan kegiatan penyediaan dan/atau pelayanan jasa kepelabuhanan tertentu dalam jangka waktu tertentu dan kompensasi tertentu. Oleh karena itu salah satu tujuan konsesi dalam pengelolaan pelabuhan adalah menekan biaya ekonomi tinggi di pelabuhan. Konsesi di bidang kepelabuhanan pada mulanya diatur dalam Undang-undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran, kemudian diatur lebih khusus dalam Peraturan Pemerintah Nomor 61 Tahun 2009 tentang Kepelabuhanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK - 2 FH 100 / 13 Pra k
Uncontrolled Keywords: HARBORS - LAW AND LEGISLATION
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC203-380 Harbors and coast protective works. Coastal engineering. Lighthouses
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
AYU SARI PRADIPTA, 030911149UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorFAIZAL KURNIAWAN, S.H.,M.H.,LL. M.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 20 Aug 2013 12:00
Last Modified: 11 Aug 2016 03:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/13639
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item