LARANGAN PRAKTEK DISKRIMINASI DALAM HUKUM PERSAINGAN USAHA (ANALISA PUTUSAN PERKARA NOMOR: 22/KPPU-L/2005 TERHADAP PRAKTEK DISKRIMINASI OLEH PGN)

RAHADIAN FUADI, 030911027 (2013) LARANGAN PRAKTEK DISKRIMINASI DALAM HUKUM PERSAINGAN USAHA (ANALISA PUTUSAN PERKARA NOMOR: 22/KPPU-L/2005 TERHADAP PRAKTEK DISKRIMINASI OLEH PGN). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
RAHADIAN FUADI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tindakan penunjukan langsung DNV Singapore oleh PGN sebagai konsultan untuk melakukan inspeksi terhadap perusahaan peserta tender, menyebabkan perlakuan yang berbeda terhadap pelaku usaha lain karena menyebabkan pelaku usaha lain yang dalam bidang dan jasa yang sama dengan DNV Singapore tidak mendapat kesempatan bersaing secara fair. Dalam pasal ini pendekatan yuridis yang ditetapkan adalah rule of reason. Berdasarkan bukti-bukti yang didapat, Majelis Komisi menetapkan tindakan PGN melanggar Pasal 19 huruf d UU No. 5/1999 karena menyebabkan persaingan usaha tidak sehat dengan melanggar prinsip persaingan usaha yang sehat dan tindakan PGN telah memenuhi unsurunsur Pasal 19 huruf d. Dalam putusannya, KPPU menyatakan PGN terbukti melanggar ketentuan Pasal 19 huruf d Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2009, maka KPPU sesuai kewenangannya dapat menjatuhkan sanksi administrasi dalam putusannya. Pihak terlapor dalam hal ini PGN, menerima putusan tersebut dengan tidak melakukan upaya hukum keberatan. PGN tidak melakukan keberatan karena sanksi yang diberikan KPPU tergolong ringan. Karena tidak melakukan upaya hukum keberatan, maka keputusan KPPU tersebut berkekuatan hukum tetap atau inkraht van geweijde.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK - 2 FH 71 / 13 Fua l
Uncontrolled Keywords: COMPETITION LAW
Subjects: K Law
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
RAHADIAN FUADI, 030911027UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorL. Budi Kagramanto, Prof. Dr., SH., MH., MM.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 17 Oct 2013 12:00
Last Modified: 11 Aug 2016 08:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/13645
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item