PEMBERLAKUAN TRADING IN INFLUENCE SEBAGAI TINDAK PIDANA KORUPSI

Margareta Windy Sinatra, 031011017 (2014) PEMBERLAKUAN TRADING IN INFLUENCE SEBAGAI TINDAK PIDANA KORUPSI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-sinatramar-30668-7.abstr-k.pdf

Download (138kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FH10.pdf
Restricted to Registered users only

Download (983kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sudah menjadi rahasia umum bahwa tindak pidana korupsi sangat merugikan keuangan atau perekonomian Negara dan menghambat pembangunan nasional. Dikarenakan sangat merugikan keuangan Negara dalam berbagai bidang, maka upaya pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi pun harus ditingkatkan. Seiring dengan meningkatnya upaya pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi baik oleh pemerintah maupun masyarakat, meningkat pula modus operandi yang dilakukan. Misalnya terkait Presiden Partai Keadilan Sejahtera yang diduga memperdagangkan pengaruhnya sebagai petinggi partai untuk melobi Menteri Pertanian supaya menaikkan kuota impor daging sapi yang akan diberikan kepada PT.Indoguna. Jenis tindak pidana korupsi berupa memperdagangkan pengaruh belum diatur dalam peraturan perundang-undangan tentang pemberantasan tindak pidana korupsi, namun telah diatur dalam United Nations Convention Against Corruption yakni Pasal 18: Trading in Influence. Karena dikhawatirkan akan terjadi kasus serupa di masa mendatang, maka perlu ditambahkan redaksional pasal terkait delik memperdagangkan pengaruh tersebut dalam peraturan perundang-undangan di Indonesia tentang pemberantasan tindak pidana korupsi. Karena Konvensi tersebut tidak secara merta berlaku mengikat meskipun telah diratifikasi oleh Indonesia melalui Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2006. Pun di dalam perkembangannya, terkait kasus PKS tersebut maka partai politik dapat dikategorikan sebagai subjek tindak pidana korupsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH. 45 /14 Sin p
Uncontrolled Keywords: JUDGMENTS, CRIMINAL � CORRUPT PRACTICE
Subjects: K Law
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K5000-5582 Criminal law and procedure > K5015.4-5350 Criminal law
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
Margareta Windy Sinatra, 031011017UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNur Basuki Minarno, Prof. Dr., S.H, M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 27 Mar 2014 12:00
Last Modified: 01 Oct 2016 04:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/13697
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item