SELF-DEFENSE DALAM TEORI DAN PRAKTIK

HIDAYATIKA GILANG PAMUNGKAS, 031011050 (2014) SELF-DEFENSE DALAM TEORI DAN PRAKTIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-pamungkash-30819-8.abstr-k.pdf

Download (298kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FH16.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Self-defense adalah hak membela diri yang diberikan oleh Dewan Keamanan PBB yang tertuang dalam Pasal 51 Piagam PBB. Hak ini dapat digunakan suatu negara dalam rangka mempertahankan diri dari sebuah serangan dari negara lain. Akan tetapi hak tersebut tidak semerta-merta hanya menjadi alasan suatu negara yang diserang untuk melakukan penyerangan balasan yang pada akhirnya serangan tersebut berujung dengan peperangan. Hak self-defense tersebut memiliki aturan tertulis yang mewajibkan negara yang mengalami penyerangan untuk melaporkan kepada Dewan Keamanan PBB. Selanjutnya Dewan Keamanana PBB yang akan bertindak melalui perundingan ataupun kekuatan militer. Apabila penyerangan tersebut tidak dapat terselesaikan dengan cara perundingan, maka sanksi-sanksi tegas pun akan menjadi jalan terakhir yang digunakan oleh Dewan Keamanan PBB untuk menjaga perdamaian dan keamanan internasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperjelas fungsi self-defense agar pemahaman negara-negara tersebut lebih mendalam. Serta tidak terjadi salah penafsiran terhadap fungsi self-defense tersebut yang pada akhirnya hanya berujung dengan peperangan yang mengancam perdamaian dan keamanan internasional. PBB selaku penjaga keamanan dan perdamaian harus lebih mendetail dalam mendiskripsikan fungsi self-defense serta dalam pelaksanaan aturannya harus memilki sanksi militer yang tepat agar hak kedaulatan negara tidak terganggu. Dan fungsi self-defense tidak disalah gunakan oleh suatu negara karena pemahaman terhadap fungsi self-defense kurang dimengerti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH. 52/14 Pam s
Uncontrolled Keywords: SELF - DEFENCE - LAW AND LEGISLATION
Subjects: K Law
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K4720-4780 National defense. Military law
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
HIDAYATIKA GILANG PAMUNGKAS, 031011050UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorLina Hastuti, Dr., S.H, M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 07 Apr 2014 12:00
Last Modified: 03 Oct 2016 01:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/13703
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item