KLAUSULA BUYBACK / REPURCHASE DALAM PERJANJIAN WARALABA

LOIS FEBRINA A., 031011179 (2014) KLAUSULA BUYBACK / REPURCHASE DALAM PERJANJIAN WARALABA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text
1. Sampul.pdf

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Halaman pengesahan.pdf

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Tim Penguji Skripsi.pdf

Download (664kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Halaman Persembahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Motto.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Kata Pengantar.pdf

Download (715kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak.pdf

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Peraturan Perundang-undangan.pdf

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Daftar Isi.pdf

Download (679kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Bab 1.pdf

Download (597kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. Bab 2.pdf

Download (684kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. Bab 3.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. Bab 4.pdf

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. Lampiran.pdf

Download (846kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Waralaba merupakan salah satu usaha bisnis yang terkenal di kalangan masyarakat. Waralaba adalah hak khusus yang dimiliki oleh orang perseorangan atau badan usaha terhadap sistem bisnis dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang dan/atau jasa yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan dan/atau digunakan oleh pihak lain berdasarkan Perjanjian Waralaba. Perjanjian Waralaba dibuat antara pihak Pemberi Waralaba dan Penerima Waralaba. Dalam Perjanjian Waralaba, para pihak dapat menambahkan klausula-klausula yang bersifat antisipatif dan yang disepakati oleh para pihak, seperti klausula buyback. Skripsi ini membahas tentang karakteristik klausula buyback dalam Perjanjian Waralaba dan bilamana klausula buyback efektif digunakan dalam Perjanjian Waralaba. Klausula buyback dicantumkan sebagai klausula antisipatif, yaitu sebagai klausula untuk mengantisipasi kemungkinan yang akan terjadi di kemudian hari. Klausula buyback ini memungkinkan pihak Pemberi Waralaba membeli kembali hak yang telah dibeli oleh pihak Penerima Waralaba dengan ketentuan tertentu. Ada beberapa alasan para pihak mencantumkan klausula buyback ini dalam Perjanjian Waralaba. Pada dasarnya, klausula ini bertujuan untuk melindungi kepentingan hukum para pihak. Pelaksanaan dari klausul ini disebabkan oleh tidak dilakukannya kewajiban oleh salah satu pihak yang telah diatur dalam Perjanjian Waralaba yang mengakibatkan pihak yang lain mengalami kerugian. Buyback dapat dilakukan ketika disepakati oleh para pihak dengan inisiatif atau usul dari Pemberi Waralaba dan/atau Penerima Waralaba. Alasan Pemberi Waralaba menerapkan klausula buyback ini dapat dikarenakan Penerima Waralaba tidak menjalankan usahanya sesuai standar yang diberikan Pemberi Waralaba. Sedangkan alasan dari pihak Penerima Waralaba karena tidak mendapatkan bimbingan operasional dari Pemberi Waralaba seperti yang telah diperjanjikan. Dengan dilakukannya buyback, Perjanjian Waralaba yang para pihak buat sebelumnya menjadi berakhir, sehingga para pihak tidak terikat pada ketentuan dalam Perjanjian Waralaba sebelumnya. Tetapi Penerima Waralaba masih harus menjaga kerahasiaan mengenai waralaba yang pernah dibelinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH. 34-15 Loi k
Uncontrolled Keywords: RETAIL TRADE � LAW AND LEGISLATION; CONSUMER PROTECTION � LAW AND LEGISLATION
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business
K Law > K Law (General)
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
LOIS FEBRINA A., 031011179UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorErni Agustin,, S.H., LL.M.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with username agung
Date Deposited: 18 Feb 2015 12:00
Last Modified: 13 Jul 2016 08:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/13739
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item