TANGGUNG GUGAT PRODUSEN PEMILIK PRODUK YANG MELAKUKAN PEMBONCENGAN REPUTASI (PASSING OFF)

DIO SHAFREEZA SUNNY, 030911258 (2015) TANGGUNG GUGAT PRODUSEN PEMILIK PRODUK YANG MELAKUKAN PEMBONCENGAN REPUTASI (PASSING OFF). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text
1. Sampul.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Persetujuan.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Halaman Persembahan.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Motto.pdf

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstract.pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Kata Pengantar.pdf

Download (604kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Daftar Isi.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Bab 1.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. Bab 2.pdf

Download (672kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. Bab 3.pdf

Download (684kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. Bab 4.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (566kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Masalah passing off adalah masalah yang terjadi pada merek terutama merek terkenal yang mana terjadi sebuah pemboncengan reputasi sehingga akan dapat merugikan pihak produsen yang sudah memiliki reputasi baik dan terhadap konsumen yang telah dirugikan, sehingga kita dapat kaitkan juga terhadap perlindungan konsumen yang mana konsumen telah dirugikan dalam perbuatan passing off atau pemboncengan reputasi ini. Berkaitan dengan hal-hal yang telah diuraikan diatas, penulis tertarik untuk memilih judul “perlindungan hukum terhadap konsumen dari akibat tindakan passing off”. Dengan rumusan masalah ; Bagaimanakah pengaturan passing off dalam sistem hukum merek Indonesia ; Bagaimanakah upaya pemberian perlindungan hukum terhadap konsumen dari akibat tindakan passing off . penelitian ini merupakan penelitian yuridis normatif dari analisa diperoleh kesimpulan ; Passing off adalah salah satu pranata common law untuk melindungi merek yang belum didaftarkan. Beberapa pihak berpandangan bahwa salah satu perwujudan dari passing off di Indonesia adalah Pasal 6 ayat (1) huruf b Undang-Undang No. 15 tahun 2001 tentang Merek (UU Merek) Peraturan-Perundangan di Indonesia sebenarnya telah memberikan perlindungan kepada merek baik itu merek terdaftar maupun merek tidak terdaftar, namun dalam prakteknya masih banyak kekurangan pemahaman dari para instansi terkait yang menangani kasus merek terutama merek terkenal. Perlindungan hukum terhadap pemegang hak merek terdaftar dari praktek persaingan curang dapat berupa perlindungan yang diberikan pada saat pendaftaran merek, serta perlindungan dengan melakukan sosialisasi sehingga kesadaran untuk melakukan pelanggaran terhadap merek terdaftar dapat berkurang (perlindungan preventif). Selain itu juga dapat memberikan perlindungan dalam bentuk mengajukan gugatan secara perdata ke Pengadilan Niaga untuk menuntut ganti rugi baik secara material maupun immateriil. Dan orang yang melakukan tindakan pelanggaran terhadap merek terdaftar dapat dituntut agar dijatuhi hukuman pidana sesuai yang diatur dalam UU Merek (perlindungan represif).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH. 160-15 Sun t
Uncontrolled Keywords: CONSUMER PROTECTION LAW; PASSING OFF
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
K Law
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
DIO SHAFREEZA SUNNY, 030911258UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAGUNG SUDJATMIKO, Dr. S.H.,M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with username agung
Date Deposited: 21 Sep 2015 12:00
Last Modified: 18 Jul 2016 05:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/13779
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item