PAJAK HOTEL SEBAGAI SALAH SATU SUMBER PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KOTA SURABAYA

RIZKY FAHRIZA, 030315740 (2007) PAJAK HOTEL SEBAGAI SALAH SATU SUMBER PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2007-fahrizariz-3891-fh30_07.pdf
Restricted to Registered users only

Download (931kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berdasarkan uraian pada bab - bab sebelumnya maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : Pemungutan Pajak Hotel di Kota Surabaya berjalan sesuai dengan Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 9 tahun 2003 tentang Pajak Hotel dan Keputusan Walikota Surabaya Nomor 27 Tahun 2004 tentang Pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 9 Tahun 2003 tentang Pajak Hotel. Tata cara pemungutan pajak hotel dibedakan menjadi dua macam yakni cara Menghitung Pajak Sendiri (MPS) dan atau cara Taksasi (Non MPS). Tarif pajak ditetapkan sebesar 10 % dari dasar pengenaan pajak yaitu jumlah pembayaran yang dilakukan kepada hotel. Hambatan yang dialami Pemerintah Daerah Kota Surabaya dalam pemungutan Pajak Hotel dapat diminimalisir dengan menempuh upaya - upaya yang telah dilaksanakan, antara lain adalah pengawasan obyek pajak, pembinaan wajib pajak, pemeriksaan wajib pajak, sosialisasi peraturan perpajakan, bekerjasama dengan instansi – instansi lain, melaksanakan koordinasi dengan instansi lain secara rutin. Selain itu juga dengan adanya upaya – upaya yang akan ditempuh, yaitu antara lain peningkatan pelayanan wajib pajak, optimalisasi sistem pemungutan pajak yang berbasis Teknologi lnformasi, analisa formulasi target pendapatan pajak daerah, dan penggalian potensi pajak daerah yang lain. Hambatan tersebut terbukti dapat diminimalisir karena basil dari pemungutan pajak hotel di Surabaya menyumbangkan dana terbesar kedua setelah pajak penerangan jalan bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak daerah. Selain itu terbukti dengan relatifcukup tercapainya target realisasi Pajak hotel di Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH 30/07 Fah p (Tidak Ada Abstrak)
Uncontrolled Keywords: HOTELS � TAXATION; LOCAL TAXATION; INCOME � REGIONAL DISPARATIES
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2240-5908 Revenue. Taxation. Internal revenue > HJ4629-4830 Income tax
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
RIZKY FAHRIZA, 030315740UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRr. Herini Siti Aisyah, , S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Hatra Iswara
Date Deposited: 15 Mar 2007 12:00
Last Modified: 19 Jun 2017 21:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/13836
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item