PELANGGARAN HAK CIPTA PROGRAM KOMPUTER MELALUI PENGGUNAAN ALAT PENULIS CAKRAM OPTIK

M. REZA BRAMA PUTRA, 030111211 U (2007) PELANGGARAN HAK CIPTA PROGRAM KOMPUTER MELALUI PENGGUNAAN ALAT PENULIS CAKRAM OPTIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-putramreza-8225-fh16_08-k.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-putramreza-8031-fh16_08.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hak Cipta adalah hak yang dimiliki oleh pencipta atas karya ciptanya, hak ini meliputi hak moral dan juga hak ekonomi yang berlangsung secara otomatis semenjak ciptaan tersebut dilahirkan. Namun demikian hak ini belum memiliki perlindungan secara menyeluruh sehingga diperlukan adanya pendaftaran pada instansi terkait, pendaftran baru dapat dilakukan apabila jika ciptaan yang didaftarkan telah sesuai dengan kriteria dan melengkapi setiap persyaratan yang ada. Adapun kriteria yang dimaksud adalah kreativitas, keaslian, dan perwujudan. Dalam hak cipta program computer juga terdapat hak eksklusif yang menyangkut, hak penyewaan dan hak untuk memperbanyak. Cakram optik adalah sebuah media rekam berbentuk piringan yang terbuat dari bahan plastik khusus yang dapat diisi atau berisi data informasi berupa suara, music, film, atau data lainnya yang dapat dibaca dengan menggunakan bantuan alat pemindaian optik(scaning). Alat pemindaian cakram optik ini pun dibagi menjadi dua bagian yaitu: Cd/Dvd-Rom dan Cd/Dvd-Rw Alat pemindahan ini pada dasarnya telah sesuai dengan pengaturan yang terdapat Undang-undang Hak Cipta atupun peraturan lainnya, sebab alat ini lebih ditujukan sebagai media perekam yang dapat menyimpan data kedalam sebuah piringan cakram. Namun, pelanggaran hak cipta terjadi seiring banyaknya software yang hadir ditanah air. Pelanggaran hak cipta ini didasari oleh, tidak seimbangnya kebutuhan dan kemampuan ekonomi masyarakat. Dengan kondisi seperti ini, maka pemerintah semakin dituntut untuk memperbaiki perlindungan hak cipta secara menyeluruh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH 16/08 Put p
Uncontrolled Keywords: COPYRIGHT - COMPUTER
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1401-1578 Intellectual property > K1411-1485 Copyright
Q Science > QA Mathematics > QA76.6 Electronic digital computers -- Programming
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
M. REZA BRAMA PUTRA, 030111211 UUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHj. Soendari Kabat, S.H., M. HumUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Hatra Iswara
Date Deposited: 19 Nov 2008 12:00
Last Modified: 09 Aug 2016 06:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/13862
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item