PERLINDUNGAN HAK CIPTA FOTO DALAM www.friendster.com

MASITOH INDRIANI, 030215419 (2006) PERLINDUNGAN HAK CIPTA FOTO DALAM www.friendster.com. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-indrianima-2267-fh1980-k.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-indrianima-2267-fh19806.pdf
Restricted to Registered users only

Download (791kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dari pemaparan penulisan diatas, dapat ditarik kesimpulan berupa : a. perlindungan hukum terhadap Hak Cipta Foto dalam www.friendster. corn adalah berupa perlindungan hukum yang menyangkut tentang hak moral dan hak ekonomi dari Pemegang Hak Cipta Foto yang bersangkutan yaitu fotografer dan pihak pengolah foto. Hak Moral meliputi integritas dari Pemilik dan/atau Pemegang Hak Cipta Foto yaitu pencantuman nama Pemilik dan/atau Pemegang Hak Cipta Foto sedangkan hak ekonomi yang melekat apabila Pemilik dan/atau Pemegang Hak Cipta menginginkan karyanya dinikmati oleh khalayak banyak dengan sistem Fee for Access. b. hubungan hukum yang terjadi dalam aktivitas di www.friendster.com yang berkaitan dengan Hak Cipta Foto adalah antara Pencipta dan/atau Pemegang Hak Cipta Foto dengan Pengakses (Users) www.friendster.com adalah berupa Implied license, yaitu apabila pengakses dalam mendapatkan/mengambil foto dengan cara atau melalui ketentuan Fee .for access. Dalam hal mendapatkan Foto melalui ketentuan Free for access, tidak ada hubungan hukum diantara keduanya malah mendekati kepada pelanggaran langsung. Hubungan hukum antara Pengakses (Users) dengan www.friendster.com adalah implied license. Hubungan implied license adalah dalam hal ini user(s) mengikuti tahap-tahap aplikasi untuk mendapatkan account tetap. Dengan mengikuti aplikasi yang disediakan www.friendster.corn maka secara tidak langsung user(s) telah mendapatkan `izin' untuk dapat meng-up load foto yang mungkin merupakan Ciptaan orang lain yang dilindungi oleh Hak Cipta. Untuk Pemilik dan/atau Pemegang Hak Cipta dengan www.friendster.com tidak terdapat hubungan hukum dan baru akan terjadi apabila si fotografer tunduk pada ketentuan yang diperintahkan oleh pengelola situs tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK-2 KKB FH 198/06 Ind p
Uncontrolled Keywords: PROTECTION-LAW AND LEGISLATION
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1401-1578 Intellectual property > K1411-1485 Copyright
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
MASITOH INDRIANI, 030215419UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHj. Rahmi Jened, Dr., S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Hatra Iswara
Date Deposited: 25 Sep 2006 12:00
Last Modified: 21 Jun 2017 19:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/13933
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item