AKIBAT HUKUM PELANGGARAN HAK-HAK KONSUMEN DALAM PERIKLANAN MELALUI MEDIA CETAK

DEWA AGUNG YUDHISTIRA, 030115203 (2006) AKIBAT HUKUM PELANGGARAN HAK-HAK KONSUMEN DALAM PERIKLANAN MELALUI MEDIA CETAK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-yudhistira-2597-fh2960-k.pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-yudhistira-2597-fh29606.pdf
Restricted to Registered users only

Download (811kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

a.Kriteria iklan yang melanggar hak-hak konsumen adalah iklan yang di dalamnya memuat kalimat yang (1) tidak obyektif, (2) tidak jelas, dan (3) penyesatan. Iklan-iklan yang termasuk dalam kriteria tersebut akan merugikan konsumen. Untuk mengetahui batasan suatu iklan yang tergolong dalam kriteria tersebut, maka dapat digunakan rincian iklan-iklan yang dilarang, yang terdapat di Undang-Undang R.I. Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dan peraturan perundang-undangan yang lain, terkait dengan periklanan. b.Konsekuensi hukum terhadap pelanggar peraturan periklanan berupa pemberian ganti rugi atas kerugian konsumen, sanksi pidana dan administratif, serta penghentian peredaran ikian terhadap pelaku usaha periklanan. Konsumen yang dirugikan dapat mengajukan gugatan ganti rugi terhadap pelaku usaha periklanan berdasarkan wanprestasi dan perbuatan melanggar hukum. Gugatan ganti rugi konsumen yang didasarkan pada perbuatan melanggar hukum memiliki jangkauan yang lebih luas bila dibandingkan dengan gugatan ganti rugi berdasarkan wanprestasi, mengingat iklan yang merugikan konsumen bukan merupakan penawaran pada umumnya, kecuali didalamnya memuat syarat atau janji yang sifatnya spesifik yang merupakan esensi dari perjanjian, sehingga iklan yang tadinya hanya merupakan undangan untuk melakukan penawaran berubah kedudukan menjadi penawaran. Pengiklan, perusahaan periklanan, dan media cetak dapat bertanggung gugat sendiri-sendiri atau secara tanggung renteng bila masing-masing dari mereka terbukti bersalah. Pembuktian terhadap ada tidaknya kesalahan dari pengiklan, perusahaan periklanan, dan media cetak menggunakan pembalikan beban pembuktian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH 296/06 Yud a
Uncontrolled Keywords: CONSUMER PROTECTION-LAW AND LEGISLATION; TRAVEL ADVERTISING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
K Law > KB Religious law in general > KB1-4855 Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence > KB400-4855 Interdisciplinary discussion of subjects > KB1468-1550 Social laws and legislation. Welfare. Charities
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
DEWA AGUNG YUDHISTIRA, 030115203UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSri Handajani, SH., MHUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Hatra Iswara
Date Deposited: 16 Oct 2006 12:00
Last Modified: 21 Jun 2017 20:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/13942
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item