KREDIT BANK YANG DIDUKUNG OLEH BUKTI PETOK D

Indah Tristy Nurmaningsasi, 030315762 (2007) KREDIT BANK YANG DIDUKUNG OLEH BUKTI PETOK D. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-nurmanings-7555-fh2920-k.pdf

Download (355kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-nurmani-full.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

a. Dalam kegiatan perbankan bukti Petok D dapat dijadikan sebagai jaminan dalam pemberian suatu kredit namun kedudukannya hanya sebagai jaminan tambahan saja. Hal ini tidak terlepas dari kenyataan bahwa bukti Petok D hanya merupakan tanda bukti pembayaran pajak dan bukan sebagai tanda bukti kepemilikan atas tanah. Guna mendukung kedudukan bank penerima bukti Petok D sebagai jaminan kredit, maka dipersyaratkan bahwa hanya bukti Petok D yang telah memenuhi syarat untuk didaftarkan atau paling tidak sedang dalam pengurusan menjadi sertipikat yang dapat diterima sebagai jaminan kredit b. Dengan diterimanya bukti Petok D sebagai jaminan kredit membuat kreditor penerimanya berkedudukan sebagai kreditor konkuren yang tidak didahulukan dalam pelunasannya. Akan tetapi terhadap bukti Petok D tersebut dimungkinkan untuk dibebani Hak Tanggungan dengan syarat bahwa bukti Petok D yang bersangkutan ditingkatkan menjadi sertipikat yang selanjutnya dilakukan pembuatan Akta Pemberian Hak Tanggungan (APHT) dan didaftarkan ke kantor pertanahan setempat untuk kemudian diterbitkan sertipikat Hak Tanggungan. Dengan demikian apabila di kemudian hari ternyata debitur wanprestasi, maka kreditor dapat mengeksekusi jaminan tersebut sebagaimana diatur dalam pasal 20 Undang-undang Hak Tanggungan bilamana memang telah lahir hak Tanggungan namun apabila jamman masih dalam bentuk Petok D, maka upaya terakhir yang dapat dilakukan oleh kreditor adalah dengan Cara mengajukan gugatan kepada Pengadilan Negeri setempat dengan dasar gugatan wanprestasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH 292/07 Nur k
Uncontrolled Keywords: LAND TENURE-LAW AND LEGISLATION; BANK LOANS
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1641-1643 Bank loans. Bank credit. Commercial loans
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
Indah Tristy Nurmaningsasi, 030315762UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTrisandini P. Usanti, SH., MHUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Hatra Iswara
Date Deposited: 19 Aug 2008 12:00
Last Modified: 21 Jun 2017 21:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/13966
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item