RESTRUKTURISASI DANA PENSIUN PEMBERI KERJA PASCA RESTRUKTURISASI BANK-BANK BUMN MENJADI BANK MANDIRI: STUDI KASUS PADA BANK BUMI DAYA, BANK DAGANG NEGARA, BANK EKSPOR IMPOR INDONESIA, DAN BANK PEMBANGUNAN INDONESIA

S. Citra Lakshita, 030610079 (2011) RESTRUKTURISASI DANA PENSIUN PEMBERI KERJA PASCA RESTRUKTURISASI BANK-BANK BUMN MENJADI BANK MANDIRI: STUDI KASUS PADA BANK BUMI DAYA, BANK DAGANG NEGARA, BANK EKSPOR IMPOR INDONESIA, DAN BANK PEMBANGUNAN INDONESIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-lakshitasc-17720-fh2401-k.pdf

Download (87kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-lakshitasc-14848-fh2401-r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (921kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penulis membahas terlebih dahulu mengenai tindakan hukum restrukturisasi yang dilakukan BBD, BDN, Bank Exim, dan Bapindo, sehingga berubah menjadi Bank Mandiri. Banyak yang mengatakan Merger, namun beberapa yang lain mengatakan Konsolidasi, ataukah mungkin bukan keduanya. Penulis ingin mengetahui mana yang paling tepat, agar menjadi pertimbangan dalam penyebutan tindakan hukum restrukturisasi yang telah dilakukan Bank Mandiri di kemudian hari, sehingga tidak membingungkan masyarakat awam. Tindakan hukum restrukturisasi yang dilakukan pemerintah adalah mendirikan Bank Mandiri kemudian diikuti dengan proses penyatuan BBD, BDN, Bank Exim, dan Bapindo ke dalam Bank Mandiri. Berdasarkan hal tersebut dapat diketahui bahwa tindakan hukum restrukturisasi yang dilakukan terhadap BBD, BDN, Bank Exim, dan Bapindo adalah Merger. Kemudian penulis membahas restrukturisasi DPPK BBD, BDN, Bank Exim, dan Bapindo pasca Bank-Bank tersebut mengalami restrukturisasi. Apakah DPPK BBD, BDN, Bank Exim, dan Bapindo, direstrukturisasi dengan tindakan restrukturisasi yang sama seperti pada tindakan restrukturisasi Bank Mandiri. Apakah tindakan restrukturisasi tersebut termasuk tindakan restrukturisasi Dana Pensiun yang terdapat pada UUDP serta peraturan pelaksanaannya. Dalam skripsi ini penulis ingin memberi sumbangsih pikiran bagi pembentuk Undang-Undang serta bagi pemberi kerja dalam memperlakukan Dana Pensiun. Tindakan restrukturisasi Bank Mandiri adalah mendirikan DPBM kemudian Bank Mandiri hanya mengubah DP BBD menjadi DPBM I, DP BDN menjadi DPBM II, DP Bank Exim menjadi DPBM III, dan DP Bapindo menjadi DPBM IV, tanpa menggabungkan Dana Pensiun tersebut. Berdasarkan hal tersebut tindakan restrukturisasi DPPK BBD, BDN, Bank Exim, dan Bapindo pasca Bank-Bank tersebut menggabungakan diri tidak termasuk pada tindakan restrukturisasi yang diatur dalam UUDP maupun PP DPPK.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH 240 10 Lak r
Uncontrolled Keywords: PENSION FUND
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
S. Citra Lakshita, 030610079UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAGUS WIDYANTORO, S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 05 Apr 2011 12:00
Last Modified: 18 Jul 2016 10:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14115
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item