KEDUDUKAN MEMORANDUM OF UNDERSTANDING DITINJAU DARI HUKUM PERIKATAN

TANIA DWI LESTARI PUTRI, 03 (2011) KEDUDUKAN MEMORANDUM OF UNDERSTANDING DITINJAU DARI HUKUM PERIKATAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-putritania-19857-fh9811-k.pdf

Download (86kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada dasarnya MOU adalah tipe perjanjian/kontrak yang diadopsi dari kebiasaan internasional, yang menginginkan kepraktisan dalam bertransaksi bisnis. Karena MOU bisa dibilang perjanjian yang akan menghasilkan perjanjian lanjutan sebagai pelengkap, atau MOU ini adalah pelengkap dari perjanjian pokoknya. Namun karena dianggap bukan sebagai perjanjian yang final,hal ini melemahkan kedudukannya. Maraknya investasi di Indonesia membuat kita berdinamika mengikuti kebiasaan internasional ini, padahal hukum di Indonesia belum mengaturnya, sehingga hal ini membuat kerancuan dalam memakai kontrak sebagai alat bukti transaksi bisnis tapi dianggap lemah kedudukannya. Akibat hukum atas tidak terpenuhinya prestasi dalam MOU ini adalah hal penting untuk diperhatikan karena maraknya penggunaan MOU dan anggapan lemah ini membuat MOU menjadi bentuk kontrak yang beresiko tinggi namun banyak digunakan. Beresiko tinggi karena dianggap lemah sehingga kemungkinan terjadinya wanprestasi sangat besar. Dan MOU ini merupakan salah satu bentuk dari perjanjian pendahuluan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH 98/11 Put k FULLTEXT TIDAK ADA
Uncontrolled Keywords: Memorandum of Understanding
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1000-1395 Commercial law
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
TANIA DWI LESTARI PUTRI, 03UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorLEONORA BAKARBESSY, S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 21 Sep 2011 12:00
Last Modified: 19 Jul 2016 02:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14124
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item