KARTELISASI INDUSTRI MINYAK GORENG SAWIT DALAM PERSPEKTIF HUKUM PERSAINGAN USAHA (ANALISIS PUTUSAN PERKARA NOMOR 24/KPPU-I/2009)

ANDI SETIAWAN, 030610222 (2011) KARTELISASI INDUSTRI MINYAK GORENG SAWIT DALAM PERSPEKTIF HUKUM PERSAINGAN USAHA (ANALISIS PUTUSAN PERKARA NOMOR 24/KPPU-I/2009). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-setiawanan-17437-fh1061-k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kartel adalah suatu perjanjian resmi diantara beberapa perusahaan dalam oligopoli. Perjanjian tersebut menetapkan harga yang akan dibebankan seluruh perusahaan dan sering menetapkan kuota atau pangsa pasar dari berbagai perusahaan. Perjanjian kartel bertujuan untuk mengkoordinasi perilaku persaingan usaha. Monopoli pada industri minyak goreng termasuk dalam jenis kartel harga, karena pada industri minyak goreng harga barang yang diperjualbelikan memiliki harga yang sama atau selisih harga yang tidak terlampau signifikan. Harga mengacu kepada perusahaan yang menjadi market leader, sedangkan market follower berhak menetapkan harga diatas harga yang telah ditetapkan, namun dengan menanggung resikonya sendiri. Price Parallelism adalah suatu kondisi yang terjadi pada hukum persaingan usaha untuk menjelaskan adanya penetapan harga antara para pesaing pada pasar oligopoli yang terjadi tanpa adanya perjanjian tertulis diantara perusahaan-perusahaan tersebut. Pada segmen minyak goreng curah, kapasitas produksi rata-rata pertahun antara Musim Mas Group dan Wilmar Group selaku market leader relatif sama yang produknya tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia. Sedangkan pada segmen minyak goreng kemasan, kapasitas produksi rata-rata pertahun PT Salim Ivomas Pratama, Wilmar Group, PT Smart, Tbk dan PT Bina Karya Prima selaku market leader relatif sama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH 106/11 Set k
Uncontrolled Keywords: ANTI TRUST LAW
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
ANDI SETIAWAN, 030610222UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorL. Budi Kagramanto,, Prof. Dr. S.H., M.M., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 11 Nov 2011 12:00
Last Modified: 03 Jul 2017 23:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14136
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item