PERLINDUNGAN HUKUM MEREK DARI NAMA GROUP MUSIK

ERIDA AYU RAKHMA LAILIYAH, 030416017 (2008) PERLINDUNGAN HUKUM MEREK DARI NAMA GROUP MUSIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-lailiyaher-8248-fh305_0-k.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-lailiyaher-8053-fh305_08.pdf
Restricted to Registered users only

Download (852kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berdasarkan 3 (tiga) kriteria merek yang diatur pada Pasal 1 angka 1 UU Merek dapatlah disimpulkan bahwa nama group musik adalah suatu merek. Nama group musik adalah tanda yang dapat berupa gambar, nama, kata, huruf-huruf, angka-angka, susunan warna, atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut, yang ditempelkan, digantungkan atau dicantumkan pada barang yang bersangkutan, atau pada kemasan suatu barang. Nama group musik juga memiliki daya pembeda yang digunakan dalam kegiatan perdagangan barang atau jasa. Dalam hal ini nama group musik termasuk dalam kategori sebagai merek dagang dan merek jasa. Perolehan hak atas merek dapat diperoleh dengan melakukan pendaftaran merek nama group musik. Hak atas merek nama group musik juga dapat diperoleh melalui perjanjian lisensi sebagai upaya preventif untuk mencegah terjadinya bentuk-bentuk pelanggaran merek nama group musik. Perjanjian lisensi tersebut hanya menyangkut lisensi pada merek dagang saja, sedangkan untuk pemberian lisensi merek jasa tidak dapat dilakukan. Bentuk pelanggaran merek nama group musik adalah menggunakan merek yang mempunyai persamaan pada pokoknya dengan merek dagang dari nama group musik "Slank". Hal ini dikarenakan merek pihak lain tersebut mempunyai persamaan bunyi clan terdaftar dalam kelas sejenis. Sedangkan jika ada pihak lain yang menggunakan merek jasa "Slank", maka pihak lain tersebut memiliki itikad ddak baik dengan mendompleng reputasi merek jasa "Slank" yang sudah terkenal. Merck tersebut juga melanggar merek terkenal "Slank". Oleh karena itu, upaya pemulihan yang dapat dilakukan oleh pemilik merek "Slank" adalah diselesaikan di pengadilan melalui gugatan perdata baik itu gugatan ganti rugi maupun pembatalan pendaftaran merek, tuntutan pidana, serta dapat juga diselesaikan di luar pengadilan yakni melalui jalan arbitrase atau alternatif penyelesaian sengketa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH. 305/08 Lai p
Uncontrolled Keywords: PERLINDUNGAN HUKUM MEREK; GROUP MUSIK
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1401-1578 Intellectual property > K1411-1485 Copyright
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
ERIDA AYU RAKHMA LAILIYAH, 030416017UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWuri Adrijani, SH.,M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 01 Dec 2008 12:00
Last Modified: 05 Jul 2017 19:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14271
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item