ANALISIS KEINGINAN PEMANFAATAN ULANG BERDASARKAN PENILAIAN DAN HARAPAN PASIEN SEBAGAI DASAR PENYUSUNAN UPAYA PENINGKATAN MUTU PELAYANAN PEMERIKSAAN KEHAMILAN DI KLINIK UTAMA RAWAT INAP DAN BERSALIN SITI AISYAH SURABAYA

TIKA RAMADHANI, 100610039 (2014) ANALISIS KEINGINAN PEMANFAATAN ULANG BERDASARKAN PENILAIAN DAN HARAPAN PASIEN SEBAGAI DASAR PENYUSUNAN UPAYA PENINGKATAN MUTU PELAYANAN PEMERIKSAAN KEHAMILAN DI KLINIK UTAMA RAWAT INAP DAN BERSALIN SITI AISYAH SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-ramadhanit-32853-7.abstr-k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 41-14 Ram a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pelayanan pemeriksaan kehamilan selama masa kehamilan bagi Ibu hamil sangat penting. Agar proses persalinan dan nifas dapat dijalani Ibu hamil dengan baik dan selamat, serta menghasilkan bayi yang sehat. Masalah yang terjadi adalah terjadi penurunan jumlah kunjungan dari tahun 2010 sampai tahun 2013 dengan rata-rata penurunan 7,24%. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penilaian dan harapan Ibu hamil kepada keinginan pemanfaatan ulang pelayanan pemeriksaan kehamilan sebagai dasar penyusunan upaya peningkatan mutu pelayanan di Klinik Utama Rawat Inap dan Bersalin Siti Aisyah Surabaya. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan pengumpulan data menggunakan kuosioner. Sampel penelitian adalah 80 orang Ibu hamil yang memeriksakan kehamilannya di Klinik Utama Rawat Inap dan Bersalin Siti Aisyah pada bulan Desember 2013 sampai Januari 2014. Hasil penelitian variabel realiability, responsiveness dan assurance dinilai bagus. Ibu hamil mengharapkan agar kualitas pelayanan dipertahankan. Penilaian variabel emphaty tidak bagus, diharapkan peningkatan kualitas sikap dan perilaku petugas kesehatan saat menanggapi keinginan dan keluhan. Penilaian variabel tangible, kondisi kebersihan dan kelengkapan alat bagus, tetapi tampilan bangunan tidak menarik, warna cat perlu diganti, dan mengharapkan adanya perluasan lahan parkir. Dari hasil penelitian diharapkan dapat mengambil langkah peningkatan mutu pelayanan pemeriksaan kehamilan sesuai harapan pasien dengan memberlakukan reward untuk mengapresiasi kinerja para staf dan petugas kesehatan, mengadakan pembinaan atau pelatihan untuk menambah skill dan keterampilan yang dapat menunjang kemampuan petugas kesehatan dalam bekerja, evaluasi rutin dan meningkatkan fasilitas di Klinik Utama Rawat Inap dan Bersalin Siti Aisyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 41/14 Ram a
Uncontrolled Keywords: PREGNANCY; CUSTOMER SATISFACTION
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG500-991 Obstetrics > RG551-591 Pregnancy
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
TIKA RAMADHANI, 100610039UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRatna Dwi Wulandari, S.KM., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 07 Aug 2014 12:00
Last Modified: 16 Aug 2016 06:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14382
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item