HUBUNGAN ANTARA STRESOR KERJA DENGAN INSOMNIA PADA PEKERJA BERGILIR (Studi pada bagian Central Processing Area di Joint Operating Body Pertamina-Petrochina East Java Tuban)

FINANTA GAFFAR RIFA'I, 101011197 (2014) HUBUNGAN ANTARA STRESOR KERJA DENGAN INSOMNIA PADA PEKERJA BERGILIR (Studi pada bagian Central Processing Area di Joint Operating Body Pertamina-Petrochina East Java Tuban). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-rifaifinan-32854-7.abstr-k.pdf

Download (220kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 42-14 Rif h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Joint Operating Body Pertamina-Petrochina East Java (JOB P-PEJ) merupakan salah satu perusahaan Kontraktor Kerja Sama minyak dan gas bumi dalam bidang eksplorasi yang terdapat di daerah Jawa Timur Kecamatan Soko Kabupaten Tuban. Pada bagian Central Processing Area (CPA), JOB P-PEJ memberlakukan sistem shift pada pekerjanya. Pekerjaan bergilir atau shift memiliki potensi untuk terjadinya stres dan gangguan kesehatan kerja lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara stresor kerja dengan insomnia pada pekerja bergilir bagian Central Processing Area (CPA) Joint Operating Body Pertamina-Petrochina East Java (JOB P-PEJ) Tuban. Penelitian ini menggunakan rancangan cross sectional dan dianalisis secara analitik. Data yang digunakan adalah data primer berdasarkan hasil kuesioner Diagnosis Stres dan Insomnia Severity Index serta data sekunder yang diperoleh dari perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara stessor kerja yaitu konflik peran dan beban kerja berlebih kualitatif dengan insomnia saat bekerja shift siang dengan nilai signifikansi 0,034 dan 0,010. Selain itu juga ada hubungan antara stresor kerja yaitu beban kerja berlebih kuantitatif dan kualitatif dengan insomnia saat bekerja shift malam dengan nilai signifikansi 0,038 dan 0,013. Secara statistik terdapat perbedaan antara insomnia saat bekerja shift siang dan shift malam dengan nilai signifikansi 0,000. Saran yang diberikan bagi perusahaan adalah membuat program konseling, menganalisis atau mengkaji ulang job description yang telah ada, mengadakan pertemuan dan program refreshing secara rutin agar meningkatkan kembali semangat dalam bekerja. Saran yang diberikan bagi pekerja antara lain: melakukan olahraga secara rutin, menggunakan waktu istirahat untuk tidur lebih awal, dan merencanakan agenda harian agar tugas dapat diselesaikan lebih awal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 42/14 Rif h
Uncontrolled Keywords: JOB STRESS; INSOMNIA
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0321 Neuroscience. Biological psychiatry. Neuropsychiatry
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
FINANTA GAFFAR RIFA'I, 101011197UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorTri Martiana, Prof. Dr. ,dr.,M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 07 Aug 2014 12:00
Last Modified: 16 Aug 2016 07:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14383
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item