KEPRIBADIAN TERBELAH TOKOH KARA DALAM NOVEL DI ETALASE KARYA UGORAN PRASAD

MOCHAMMAD APRIDIO KURNIA ANANTA, 120911127 (2014) KEPRIBADIAN TERBELAH TOKOH KARA DALAM NOVEL DI ETALASE KARYA UGORAN PRASAD. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-anantamoch-36456-8.abstr-k.pdf

Download (126kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FS. BI. 08-15 Ana k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Skripsi berjudul “Kepribadian Tebelah Tokoh Kara dalam Novel Di Etalase karya Ugoran Prasad” ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta memaknai penyimpangan kepribadian tokoh Kara dalam novel Di Etalase, serta mendeskripsikan dan memaknai struktur cerita yang meliputi alur, tokoh dan penokohan, dan latar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif. Objek penelitiannya adalah penyimpangan kepribadian tokoh Kara dalam novel Di Etalase. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah struktural dan psikologi sastra. Hasil analisis struktur novel Di Etalase yaitu tokoh dan penokohan, alur, dan latar dapat diperoleh bahwa dominannya aspek penokohan Kara yaitu penyimpangan kepribadian yang dialami tokoh Kara. Terdapatya penyimpangan kepribadian tersebut sehingga dibutuhkan keberadaan teori psikologi kepribadian Sigmund Freud. Adapun Freud yang membagi struktur kepribadian menjadi tiga unsur, yaitu id, ego, dan superego. Hasil penelitian menunjukkan adanya ketidakseimbangan struktur kepribadian (Id, Ego, dan Superego) pada tokoh Kara sehingga mengakibatkan adanya abnormalitas pada kehidupannya. Abnormalitas pada tokoh Kara ialah depresi, neurosis, skizofrenia dan halusinasi. Perilaku abnormal yang menerpa Kara mengakibatkan adanya sosok Kara yang lain yang merupakan tokoh imajiner hasil halusinasinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS. BI. 08/15 Ana k
Uncontrolled Keywords: ABNORMALITIES, HUMAN; PERSONALITY
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698-698.9 Personality
R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG211-483 Abnormalities and diseases of the female genital organs
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
MOCHAMMAD APRIDIO KURNIA ANANTA, 120911127UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorI. B. Putera Manuaba, Prof. Dr. , Drs. M. HumUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 13 Mar 2015 12:00
Last Modified: 18 Aug 2016 01:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14389
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item