PENGGUNAAN DIKSI, GAYA BAHASA, DAN MAKNA PADA SYI'IR TANPA WATON KARYA GUS NIZAM

WILLADATIEKA PRAVITA WURRIE HANDAYANI, 121111031 (2015) PENGGUNAAN DIKSI, GAYA BAHASA, DAN MAKNA PADA SYI'IR TANPA WATON KARYA GUS NIZAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-handayaniw-38180-7.abstr-k.pdf

Download (285kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FS. BI. 52-15 Han p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang pengetahuan penggunaan diksi (pilihan kata), gaya bahasa dan makna yang terdapat pada Syi’ir Tanpa Waton. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah diksi (pilihan kata) yaitu kata yang dipilih dengan tepat untuk menyatakan sesuatu, gaya bahasa adalah ungkapan-ungkapan yang individual dan karakteristik atau yang memiliki nilai artistik yang tinggi, makna adalah unsur dari sebuah kata atau lebih tepat sebagai gejala dalam ujaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang menyajikan kajian dan analisis data yang bersumber pada data yang telah dipilih dan kemudian dianalisis berdasarkan pada data yang ada. Metode pemerolehan data pada penelitian ini menggunakan metode simak dan wawancara. Penyajian hasil analisis data yang diperoleh dibagi menjadi hasil analisis diksi, gaya bahasa, dan makna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan diksi (pilihan kata) pada syi’ir terdapat penggunaan bahasa Arab dan bahasa Jawa yang kemudian diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. Dalam penelitian ini ditemukan adanya kata umum, kata khusus, kata denotasi, kata konotasi, kata indria, kata abstrak, kata ilmiah, kata populer dan terdapat kata serapan dari bahasa Arab. Penggunaan gaya bahasa pada syi’ir ditemukan gaya bahasa penegasan, gaya bahasa sindiran, gaya bahasa pertentangan, dan gaya bahasa perbandingan. Unsur semantik ditemukan pada makna yang terdapat pada syi’ir yaitu makna eksplisit dan makna implisit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS. BI. 52/15 Han p
Uncontrolled Keywords: GRAMMAR; LANGUAGE AND LANGUAGES
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101-410 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsEmail
WILLADATIEKA PRAVITA WURRIE HANDAYANI, 121111031UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBea Anggraini, S.S.,M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 03 Sep 2015 12:00
Last Modified: 26 Aug 2016 09:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14446
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item