INTERFERENSI BAHASA DALAM KOMUNIKASI FORMAL PENYIAR RADIO DI SURABAYA

FARID MUQORROBIN, 120911135 (2014) INTERFERENSI BAHASA DALAM KOMUNIKASI FORMAL PENYIAR RADIO DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-muqorrobin-31028-7.abstr-k.pdf

Download (127kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2014-muqorrobin-31028-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (769kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul ” Interferensi Bahasa dalam komunikasi Formal Penyiar Radio di Surabaya “ bertujuan untuk mengetahui bentuk interferensi bahasa yang dilakukan penyiar radio di Surabaya dalam berkomunikasi secara formal, selain itu menjelaskan faktor yang melatarbelakangi terjadi interferensi bahasa yang terjadi dikalangan penyiar radio di Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang didasarkan dengan fenomena yang ada serta sesuai fakta penutur – penuturnya mengenai penyiar radio di Surabaya, selanjutnya peneliti menyimak untuk mendapatkan data serta merekam menggunakan perekam suara dan peneliti tidak turut campur dalam pemelihian objek yaitu penyiar radio pada saat pengumpulan data, pengambilan dilakukaan beberapa kali untuk mendapatkan data yang diinginkan, kemudian data yang didapatkan peneliti akan dipilah dan dieklompokkan berdasarkaen jenis interferensi fonologi, morfologi dan leksikal selanjutnya dipaparkan mengenai hasil penelitian yang didalamnya berisikan mengenai faktor – faktor penyebab terjadinya intereferensi bahasa dikalangan penyiar radio di Surabaya yang masih menunjukkan penggunaan bahasa sehari- hari dalam berkomunikasi secara formal dikarenakan beberapa faktor yaitu faktor latar belakang kebahasaan, faktor keakraban dan sinonim serta faktor prestise.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI.15/14 Muq i
Uncontrolled Keywords: INTERFERENSI
Subjects: H Social Sciences > HX Socialism. Communism. Anarchism > HX1-970.7 Socialism. Communism. Anarchism > HX519-550 Communism/socialism in relation to special topics
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
FARID MUQORROBIN, 120911135UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDrs. H. Eddy Sugiri, M.Hum., Drs. H., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 21 Apr 2014 12:00
Last Modified: 23 Aug 2016 04:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14500
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item