DINAMIKA KEPRIBADIAN TOKOH NADIRA DALAM KUMPULAN CERPEN 9 DARI NADIRA KARYA LEILA S. CHUDORI

MOCHAMAD RIZA ALI ERFAN, 120911027 (2014) DINAMIKA KEPRIBADIAN TOKOH NADIRA DALAM KUMPULAN CERPEN 9 DARI NADIRA KARYA LEILA S. CHUDORI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-erfanmocha-31029-7.abstr-k.pdf

Download (124kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2014-erfanmocha-31029-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

enelitian yang berjudul Dinamika Kepribadian Tokoh Nadira dalam Kumpulan Cerpen 9 dari Nadira Karya Leila S Chudori ini dilakukan untuk membahas dua permasalahan utama. Pertama, permasalahan mengenai penokohan dalam kumpulan cerpen 9 dari Nadira. Kedua, permasalahan mengenai dinamika kepribadian tokoh Nadira dalam kumpulan cerpen 9 dari Nadira. Objek penelitian adalah kumpulan cerpen 9 dari Nadira karya Leila S Chudori yang diterbitkan pertama kali oleh penerbit Kepustakaan Populer Gramedia tahun 2009. Penelitian ini tergolong dalam penelitian kepustakaan dengan langkah deskriptif analitis. Penelitian ini memanfaatkan tahap analisis penokohan beserta relasi antar tokohnya serta analisis dinamika kepribadian. Tahap analisis penokohan digunakan untuk membedah aspek penokohan tokoh utama menggunakan teori struktur mengenai penokohan. Setelah itu dilakukan analisis dinamika kepribadian terhadap tokoh Nadira. Teori yang digunakan pada analisis dinamika kepribadian adalah teori hierarki kebutuhan yang dikemukakan oleh Abraham Harold Maslow. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam kumpulan cerpen 9 dari Nadira terdapat tokoh Nadira sebagai tokoh utama yang memiliki relasi kompleks terhadap tokoh tambahan yang memungkinkan terjadinya dinamika yang dialami tokoh utama Nadira. Dinamika kepribadian yang dialami tokoh Nadira merupakan perubahan yang terjadi pada sifat tokoh yang tercermin dari perilaku tokoh beserta hal yang menyebabkan terjadinya perubahan tersebut yaitu berupa konflik antar tokoh dan kebutuhan dasar. Kebermaknaan teks yang dimunculkan adalah mengenai seorang manusia yang memerlukan relasi dengan manusia lainnya sebagai tempat untuk aktualisasi diri. Semua permasalahan dan pusaran problem yang mengakibatkan dinamika kepribadian berasal dari manusia yang tidak mau berkompromi dengan hati nuraninya sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI.16/14 Erf d
Uncontrolled Keywords: SOCIAL LIFE
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
MOCHAMAD RIZA ALI ERFAN, 120911027UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorPuji Karyanto, S.S., M.Hum, S.S., M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 21 Apr 2014 12:00
Last Modified: 23 Aug 2016 04:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14501
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item