VARIASI BAHASA PETUGAS KECAMATAN DENGAN PEMOHON DALAM PROSES ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KANTOR KECAMATAN TAMAN KABUPATEN SIDOARJO: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK

MUCHAMAD SIDHARTA, 121011018 (2014) VARIASI BAHASA PETUGAS KECAMATAN DENGAN PEMOHON DALAM PROSES ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KANTOR KECAMATAN TAMAN KABUPATEN SIDOARJO: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-sidhartamu-34783-8.abstr-k.pdf

Download (178kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2015-sidhartamu-34783-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul “Variasi Bahasa Petugas Kecamatan dengan Pemohon dalam Proses Administrasi Kependudukan di Kantor Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo”.Topik dalam rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimanakah wujud variasi bahasa antara petugas kecamatan dengan pemohon dalam proses administrasi kependudukan di kantor kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo.faktor apakah yang melatarbelakangi petugas kecamatan dengan pemohon menggunakan berbagai variasi bahasa.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data simak libat cakap, teknik rekam, teknik wawancara dan teknik catat. Objek penelitian ini adalah petugas kecamatan dan pemohon yang sedang melangsungkan proses administrasi kependudukan. Hasil penelitian dari wujud variasi bahasa yang digunakan oleh petugas kecamatan dengan pemohon dalam proses administrasi kependudukan ialah mereka cenderung menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Jawa Ngoko dan Krama sebagai bahasa untuk berkomunikasi. wujud variasi bahasa yang dihasilkan dari penelitian ini terbagi atas variasi bahasa dari segi penutur yang di dalamnya ada variasi bahasa Jawa, variasi bahasa Indonesia, dan variasi bahasa campuran.Kemudian variasi bahasa dari segi penggunaan yang terbagi ke dalam variasi bahasa dari segi informal dan variasi segi sarana.. Hasil penelitian variasi bahasa dari segi sosiolek meliputi variasi bahasa dari segi usia, variasi bahasa jenis kelamin dan variasi bahasa dari segi pekerjaan. Penelitian ini juga menemukan faktor yang melatarbelakangi penggunaan variasi bahasa petugas kecamatan dengan pemohon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI. 76/14 Sid v
Uncontrolled Keywords: VARIATION OF LANGUAGE
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1-6790 Literature (General)
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsEmail
MUCHAMAD SIDHARTA, 121011018UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDra. Dwi Handayani, M.Hum, Dra., M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 07 Jan 2015 12:00
Last Modified: 25 Aug 2016 02:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14537
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item