PERILAKU BERBAHASA PADA MASYARAKAT PESISIR DESA BANJARWATI KECAMATAN PACIRAN KABUPATEN LAMONGAN

SITI MASHLAHATUL UMMAH, 121111100 (2015) PERILAKU BERBAHASA PADA MASYARAKAT PESISIR DESA BANJARWATI KECAMATAN PACIRAN KABUPATEN LAMONGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-ummahsitim-37212-5.abstr-k.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2015-ummahsitim-37212-1.FULLTEXT.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul “Perilaku Berbahasa pada Masyarakat Pesisir Desa Banjarwati Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan” bertujuan untuk menunjukkan adanya perilaku berbahasa yang sopan dan santun pada masyarakat pesisir Dusun Banjaranyar Desa Banjarwati ketika berinteraksi dengan siapapun, adanya perilaku berbahasa tersebut dipengaruhi oleh keberadaan Pondok Pesantren Sunan Drajat sebagai sentral kegiatan masyarakat Dusun Banjaranyar Desa Banjarwati. Penelitian ini menggunakan teori sosiolinguistik menurut Dell Hymes untuk menganalisis data yang di peroleh. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik observasi. Dari hasil observasi, penulis dapat memaparkan bentuk serta faktor yang mempengaruhi perilaku berbahasa pada masyarakat pesisir Dusun Banjaranyar Desa Banjarwati. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya interaksi secara terus-menerus antara Masyarakat Dusun Banjaranyar Desa Banjarwati dengan penghuni Pondok Pesantren Sunan Drajat dan tingkat ketergantungan yang tinggi terhadap adanya Pondok Pesantren tersebut menimbulkan perilaku berbahasa yang berbeda pada masyarakat pesisir Dusun Banjaranyar Desa Banjarwati dalam kehidupan sehari-hari. Jika awalnya masyarakat pesisir Dusun Banjaranyar Desa Banjarwati hanya menggunakan bahasa Jawa ragam ngoko, dengan adanya Pondok Pesantren Sunan Drajat masyarakat Dusun Banjaranyar Desa Banjarwati selalu menggunakan bahasa Jawa ragam madya dan krama untuk berinteraksi dengan siapapun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI 17/15 Umm p
Uncontrolled Keywords: COASTAL COMMUNITIES
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P98-98.5 Computational linguistics. Natural language processing
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
SITI MASHLAHATUL UMMAH, 121111100UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorDra. Dwi Handayani, M.Hum, Dra., M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 19 May 2015 12:00
Last Modified: 29 Aug 2016 07:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14558
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item