PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP RESPON KONSUMEN DENGAN EMOSI KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BREADTALK SURABAYA PLAZA

DYAH AYU KUSOLO WRESTHI, 040710822 (2012) PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP RESPON KONSUMEN DENGAN EMOSI KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BREADTALK SURABAYA PLAZA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-wresthidya-23360-fe-b-34--k.pdf

Download (299kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-wresthidya-19729-feb34--2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin sengit, setiap pengusaha kuliner dituntut untuk kreatif dan adaptif untuk menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Salah satu perusahaan yang adaptif dalam menghadapi kondisi demikian adalah BreadTalk yang menitikberatkan pada penciptaan store atmosphere pada gerainya. Dengan penciptaan store atmosphere yang diranncang sedemikian rupa, diharapkan akan dapat menimbulkan emosi dan respon positif konsumen di dalam gerai BreadTalk Surabaya Plaza. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh stimulus dari store atmosphere berupa design factor, ambient factor, dan social factor terhadap emotional state konsumen di gerai BreadTalk Surabaya Plaza dan untuk menguji dan menganalisis pengaruh emotional state terhadap respon konsumen yang berupa perasaan betah dan pembelian impulsif selama berada di dalam gerai BreadTalk Surabaya Plaza. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 150 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling untuk pemngambilan sampel dengan kriteria tertentu. Sedangkan untuk penarikan sampel, digunakan teknik accidental sampling, dimana pengambilan sampel dilakukan dengan tanpa direncanakan terlebih dahulu. Mengingat adanya hubungan yang simultan antara store atmosphere, emotional state konsumen dan respons konsumen, maka teknik analisis yang digunakan adalah Regresi linier berganda dan 2SLS. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan hasil : a) bahwa secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara store atmosphere (design factor, ambient factor dan social factor) terhadap emotional state konsumen di gerai BreadTalk Surabaya Plaza. b) terdapat pengaruh yang signifikan variabel emotional state terhadap respon konsumen yang berupa perasaan betah berada di dalam gerai dan pembelian impulsif selama berada di dalam gerai BreadTalk Surabaya Plaza.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 FE B 34/12 Wre p.
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC79 Special topics-Including air pollution, automation,consumer demand, famines, flow of funds,etc.
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
DYAH AYU KUSOLO WRESTHI, 040710822UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSri Wahyuni Astuti, Prof. Dr. , SE., MS.,UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Bambang Husodo
Date Deposited: 26 Mar 2012 12:00
Last Modified: 14 Jul 2016 06:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/1465
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item