PEMIKIRAN DAN PRAKTEK POLITIK AHMADIYAH DI INDONESIA

NOER ISKANDAR Z, 070317011 (2008) PEMIKIRAN DAN PRAKTEK POLITIK AHMADIYAH DI INDONESIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2009-noeriskand-10015-fisp10-k.pdf

Download (396kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-iskandarzn-9405-fisp10-8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Aliran keagamaan di Indonesia seiring dengan melaju usia bangsa Indonesia rupanya disertai bermunculannya gerakan keagamaan. Banyak aliran aliran Islam yang mendominasi penduduk Indonesia rupanya hal ini merupakan bagian dari kedewasaan bangsa Indonesia dalam menghadapi perbedaan. Pemikiran-pemikiran dari berbagai aliran Islam di Indonesia secara tidak langsung menyentuh ruang politik dan negara Indonesia dan tentunya setiap kelompok keagamaan mempunyai landasan, pemahaman dan pemikiran sendiri yang didasari oleh kepercayaan dan keyakinannya. Dinamika kelompok-kelompok keagamaan di Indonesia merupakan harga mutlak bagi Indonesia sebagai negara yang multikultural sekaligus plural. Berkaca dari pemahaman tersebut peneliti mengangkat Ahmadiyah sebagai salah satu golongan Islam internasional dimana telah berkembang dibeberapa negara khususnya di eropa dan afrika. ahmadiyah selaku kelompok agama yang berpusat di negara yang tidak identik dengan kelahiran islam (Timur Tengah) bisa berkembang diseluruh belahan dunia termasuk di Indonesia. Fenomena. ini menjadi menarik bagi peniliti untuk ditulis. Dalam perkembangannya tentu banyak perspektif yang mendukung atau menolak penyebaran paham ahmadiyah. Peneliti mengangkat dari perspektif ilmu politik perkembangan ahmadiyah khususnya di Indonesia sebagai konsekuensi disiplin ilmu yang dikuasai peneliti. Penilitian yang dilakukan penulis menggunakan metode kualitatif dengan tekhnik analisis deskriptif. Analisis pemikiran dan praktek politik ahmadiyah di indonesia menggunakan beberapa konseptual diantaranya konsep politik, konsep demokrasi, konsep politik islam, konsep ahmadiyah dan konsep praktek politik yang dianggap peneliti relevan. Adapun poin penekanan penelitian, diantaranya pertama terkait dengan pemikiran politik ahmadiyah, kedua bagaimana praktek politik ahmadiyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis P 10/08 Noe p
Uncontrolled Keywords: AHMADIYAH
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > DS35.3-35.77 The Islamic World
L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa) > LG21-961 Individual institutions > LG21-395 Asia > LG181-184 Indonesia
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsEmail
NOER ISKANDAR Z, 070317011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAirlangga Pribadi, , Msi.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 06 Apr 2009 12:00
Last Modified: 09 Jul 2017 18:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14718
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item