BENTUK DAN STRATEGI JARINGAN SOSIAL MAKELAR MOBIL DI SURABAYA

SAHENDRA BUDI MAULANA, 070417397 (2008) BENTUK DAN STRATEGI JARINGAN SOSIAL MAKELAR MOBIL DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2009-maulanasah-10282-fisant-9.pdf

Download (11kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-maulanasah-9776-fisant-9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (962kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Surabaya sebagai kota perdagangan dan industri semakin tumbuh pesat dan maju. Dampak dari pertumbuhan yang pesat tersebut diikuti semua sektor, contohnya sektor otomotif. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya showroom-showroom mobil, baik mobil yang baru ataupun yang bekas. Bagi masyarakat yang tingkat perekonomiannya sedang dan ingin memiliki mobil pribadi, showroom mobil bekas bisa menjadi pilihan yang cocok. Selain itu terdapat jalan alternatif lain untuk memiliki mobil bekas dan berkualitas selain membeli di showroom. Yaitu dengan menggunakan jasa makelar mobil. Makelar mobil menjadi fenomena masyarakat, karena semua orang bisa menjadi makelar mobil dan tidak dibutuhkan syarat-syarat administrasi. Karena makelar mobil menjadi fenomena masyarakat maka menarik untuk diteliti dan dipelajari lebih lanjut. Penelitian mengenai makelar mobil ini lebih difokuskan pada bentuk dan dan strategi yang digunakan makelar mobil dalam melakukan kegiatannya. Dengan melakukan observasi partisipasi (pengamatan terlibat) dan wawancara dapat diketahui bagaimana makelar mobil bisa tetap bertahan dari persaingan sesama makelar. Makelar mobil dapat tetap bertahan dan eksis dari persaingan sesama makelar karena para makelar mobil ini menerapkan jaringan dalam konteks tertentu yang dimilikinya. Jaringan tersebut berupa jaringan sosial horisontal dan jaringan sosial vertikal, yang mana kedua jaringan tersebut berguna untuk mendapatkan informasi mengenai mobil yang dijual ataupun di beli. Jaringan sosial yang merupakan pengelompokan tiga orang atau lebih dalam hubungan sosial para makelar dijadikan senjata andalan untuk dapat berinteraksi dengan teman seprofesi dan mendapatkan informasi mengenai mobil yang dijual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Fis Ant 01/09 Mau b
Uncontrolled Keywords: URBAN, ANTHROPOLOGY SOCIAL
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation
G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography > GF125 Cities. Urban geography
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT101-395 Urban groups. The city. Urban sociology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsEmail
SAHENDRA BUDI MAULANA, 070417397UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMoh. Adib, Drs., M. SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 10 Jun 2009 12:00
Last Modified: 27 Jul 2016 06:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14727
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item