Penerapan Food Safety Management System (Studi Deskriptif Tentang Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Makanan Di Candi Bentar Coffe Shop Hotel Sahid Surabaya)

Mohammad Yani Setiawan, 070511176 S (2009) Penerapan Food Safety Management System (Studi Deskriptif Tentang Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Makanan Di Candi Bentar Coffe Shop Hotel Sahid Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-mohammadya-17857-abstrak-p.pdf

Download (14kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-mohammadya-14923-fispw1-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sebagai tempat persinggahan wisatawan baik asing maupun lokal, hotel mempunyai kewajiban bagaimana mengembangkan sumber daya manusia yang dimilikinya untuk mencapai tujuan daripada hotel tersebut disamping sebagai upaya untuk mendukung program pemerintah yang telah direncanakan. Sebagai salah satu hotel yang ada di Indonesia, khususnya di Surabaya, Hotel Sahid Surabaya juga mempunyai andil atau peranan yang sama di dalam usahanya untuk meningkatkan sektor industri pariwisata di Indonesia. Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan food safety management system tentang kepuasan konsumen terhadap kualitas makanan di Candi Bentar Coffee Shop Hotel Sahid Surabaya, serta bagaimana pula upaya yang dilakukan F&B Manager dan HRD dalam memberikan pengetahuan kepada karyawan tentang perilaku dalam menghadapi tamu dan mempertahankan kualitas makanan agar tercapai kepuasan tamu. Dalam kesempatan ini peneliti peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu peneliti berusaha untuk memahami serta mempelajari data-data yang diperoleh dari wawancara, observasi, serta bahan dokumen yang erat hubungannya dengan permasalahan yang dihadapi, kemudian data-data tersebut diolah sedemikian rupa sehingga peneliti mendapatkan jawaban sementara dari masalah yang dihadapi. Setelah kegiatan tersebut peneliti melakukan penelitian lanjutan untuk mengetahui bagaimana permasalahan tersebut dihadapi dan peneliti akan melanjutkan penelitian untuk mendapatkan jawaban atau pemecahan dari masalah tersebut. Dari hasil penelitian diketahui bahwa kepuasan konsumen terhadap kualitas makanan di Candi Bentar Coffee Shop Hotel Sahid Surabaya sudah baik yaitu sesuai dengan prosedur penerapan FSMS yang telah ditentukan. Dan untuk lebih dapat menjaga dan mengembangkan kualitas makanan yang sudah tersedia, dan dalam pada saat melayani tamu, dan upaya tersebut yang digunakan untuk mempertahankan kualitas makanan, pihak hotel mengadakan suatu pelatihan, atau program untuk para karyawan F&B pada dilakukan 1 kali pertemuan dalam 1 minggu selama 3 bulan. Translation: As a stopover place both foreign and local tourists, hotel has a duty how to develop human resources had to reach the goal rather than the hotel as well as efforts to support government programs that have been planned. As one of the hotels that exist in Indonesia, especially in Surabaya, Hotel Sahid Surabaya also has a share or an equal role in efforts to improve the tourism industry sector in Indonesia. The focus in this research is how the application of food safety management system of customer satisfaction with the quality of food in Temple Bentar the Coffee Shop Hotel Sahid Surabaya, also how the rebuilding by F & B Manager and HRD in providing knowledge to employee behavior in dealing with guests and retain quality food to achieve guest satisfaction. On this occasion the researcher researcher used the descriptive method qualitative researchers seek to understand and study the data obtained from interviews, observation, and materials that document closely relation to the problems faced, then these data processed in such a way as to get answers from temporary problems encountered. After the researchers conduct research activities continued to find out how the problems faced and researchers will continue research to find answers or solutions from problem. From the research result shows that customer satisfaction quality of food in the temple Bentar Coffee Shop Hotel Sahid Surabaya has good ie in accordance with the procedures specified FSMS application. And for more to maintain and develop quality foods that are already available, and in at the time of serving the guests, and the effort which is intended to maintain the quality of food, the hotel held a training, or program for the employees of F & B at the meetings done 1 in 1 week for 3 months.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK-2 KKB Fis Pw 10 10
Uncontrolled Keywords: FOOD QUALITY, CONSUMER SATISFACTION
Subjects: T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pariwisata (D3)
Creators:
CreatorsEmail
Mohammad Yani Setiawan, 070511176 SUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAndy Umardiono, S.Sos, M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Hatra Iswara
Date Deposited: 07 Apr 2011 12:00
Last Modified: 09 Jul 2017 21:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14790
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item