Penerapan Etika Berkomunikasi

Arinda Rutyansani, 070610536 S (2011) Penerapan Etika Berkomunikasi. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-arindaruty-18580-abstrak-p.pdf

Download (10kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-arindaruty-15315-fispw5-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Peranan hotel sebagai sarana dalam memenuhi kebutuhan pelanggan menjadi semakin penting bagi masyarakat. Penulis menganalisis tentang etika dalam berkomunikasi terhadap kepuasan pelanggan pada JW Marriott Hotel Surabaya dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan atas pelayanan jasa agar menarik dan mempertahankan pelanggan sehingga tetap menggunakan jasa pada hotel tersebut dengan pemenuhan harapan pelanggan yang dilakukan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan (dilihat pada tingkat pelaksanaan dengan tingkat kepentingan) serta mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan. Metode yang digunakan adalah Metode Deskriptif Kulitatif (membandingkan kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan dengan menggunakan diagram kartesius dan analisis korelasi) serta menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dengan pihak JW Marriott Hotel Surabaya, dan studi kepustakaan. Peranan sebuah cake shop (toko kue) juga sangat penting sekali. Karena konstribusi dari penjualan produk di cake shop memberikan pemasukan yang sangat besar bagi hotel. Pariwisata sangat identik sekali dengan industri keramah-tamahan, maka dari itu penting sekali untuk memperhatikan etika dalam berkomunikasi saat memberikan pelayanan. Seluruh insan pariwisata termasuk para service staff mutlak menerapkan etika berkomunikasi dalam tugasnya memberikan pelayanan kepada tamu. Begitu pentingnya tamu bagi perusahaan, cake shop sebagai salah satu bagian dari Food & Beverage Department, memiliki andil yang sangat besar terhadap hotel selain memberi pemasukan terhadap hotel itu sendiri tetapi juga untuk pembentuk suatu citra dari perusahaan itu sendiri. Service staff sebagai petugas tata hidang adalah merupakan ujung tombak dalam kegiatan operasional suatu cake shop, peranannya sangat vital dalam mendorong penjualan produk dan pelayanan di suatu cake shop.Untuk itu peranan etika berkomunikasi service staff adalah hal mutlak yang harus ditetapkan saat memberikan pelayanan kepada tamu, karena tamu adalah segala-galanya. Pada prinsipnya industri pariwisata sangat bergantung kepada tamu bukan tamu yang bergantung pada industri ini. Sehingga kualitas pelayanan dapat membentuk citra bagi perusahaan serta cita-cia dan tujuan akhir perusahaan dapat tercapai. Translation: The role of hotels as a means of meeting customer needs become increasingly important for the community. The authors analyze the ethical in communicating to the customer satisfaction at the JW Marriott Hotel Surabaya and determine the factors that influence the level of satisfaction customers for its services to attract and retain customers so keep using the service at the hotel with the fulfillment of expectations customers who do. The purpose of this study is to determine the level of customer satisfaction (Seen at the level of implementation with the level of interest) and to know relationship between service quality with customer satisfaction. The method used is Descriptive Method of citizens and governments (Compare service quality with customer satisfaction with to use Cartesians diagram and correlation analysis) and using techniques collecting data by interviewing the JW Marriott Hotel Surabaya, and literature study. The role of a cake shop (bakery) is also very important. Because contribution from sales of products in the cake shop providing an income very big for the hotel. Tourism was once synonymous with the industry hospitality, so it is important to pay attention to ethics in communicate when providing services. All beings tourism including the service staff to apply an absolute ethical duty to communicate in providing services to guests. Once the importance of living for the company, cake shop as one part of the Food & Beverage Department, has a very large share of the hotel other than to give revenue to the hotel itself, but also for forming an image of the company itself. Service staff as administrators meals are at the forefront in the operational activities of a cake shop, a very vital role in encourage the sale of products and services in a cake that role shop.Untuk communicating ethical service staff is an absolute must be defined when provide service to the guest, because guests are everything. In principle the tourism industry relies heavily on guest not a guest who depend on this industry. So that the quality of service can shape the image for the company and the ideals and objectives of the end-cia company can be reached.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK-2 KKB Fis Pw 55 10
Uncontrolled Keywords: COMMUNICATION ETHICS
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN451-477.7 Intellectual life Including communication, recreation, philosophy, religion, knowledge, etc.
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pariwisata (D3)
Creators:
CreatorsEmail
Arinda Rutyansani, 070610536 SUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorS.Sos.,M.Si, Andy Umardiono,UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Hatra Iswara
Date Deposited: 06 May 2011 12:00
Last Modified: 22 Sep 2016 00:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14815
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item