DIPLOMASI KEBUDAYAAN DALAM PROGRAM VISIT INDONESIA YEAR 2008

Yunita Iliana, 070517946 (2009) DIPLOMASI KEBUDAYAAN DALAM PROGRAM VISIT INDONESIA YEAR 2008. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-ilianayuni-18434-fis.hi.0-k.pdf

Download (438kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-ilianayuni-15154-fis.hi.0-d.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tahun 2008 telah ditetapkan menjadi tahun kunjungan Indonesia (Visit Indonesia Year 2008) oleh pemerintah Indonesia pada 26 Desember 2007 di Jakarta. Visit Indonesia Year 2008 ini bertujuan untuk menarik wisatawan mancanegara sebanyak tujuh juta orang di akhir tahun 2008. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, pemerintah Indonesia menjalankan diplomasi-diplomasi yang dapat memperkenalkan budaya dan pariwisata Indonesia. Diplomasi inilah yang disebut dengan diplomasi kebudayaan yang akan dilakukan pemerintah Indonesia baik di luar maupun di dalam negeri. Saat akhir tahun 2008, diplomasi kebudayaan yang dijalankan pemerintah Indonesia ternyata tidak berhasil mencapai tujuan program Visit Indonesia Year 2008 sepenuhnya. Untuk itu, rumusan masalah dalam penelitian ini akan menjelaskan mengapa diplomasi kebudayaan yang dilakukan pemerintah belum dapat mewujudkan tujuan Visit Indonesia Year 2008 sepenuhnya. Tipe penelitian ini adalah eksplanatif dengan analisis data secara kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaan dan dengan wawancara tidak terstruktur. Penelitian ini mengambil batasan waktu pada saat berjalannya program Visit Indonesia Year 2008, yaitu awal tahun 2008 (Januari 2008) hingga akhir tahun 2008 (Desember 2008). Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa diplomasi kebudayaan yang dilakukan pemerintah belum dapat mewujudkan tujuan Visit Indonesia Year 2008 sepenuhnya, karena diplomasi kebudayaan belum berhasil membentuk image positif Indonesia di mata masyarakat internasional. Kesimpulan ini didapat dari penggunaan kerangka pemikiran sebagai berikut: konsep soft power dan diplomasi kebudayaan serta teori image. Kerangka pemikiran tersebut digunakan untuk menjelaskan proses pembentukan image masyarakat internasional sebagai tujuan program Visit Indonesia Year 2008. Kata Kunci: Visit Indonesia Year 2008, Diplomasi kebudayaan, dan Image

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis.HI.03/10 Ili d
Uncontrolled Keywords: INDONESIA TRADE CULTURE
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ1305-2060 Scope of international relations. Political theory. Diplomacy
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsEmail
Yunita Iliana, 070517946UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorVinsensio Dugis, Drs. , MA, Ph. DUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Hatra Iswara
Date Deposited: 28 Apr 2011 12:00
Last Modified: 20 Aug 2016 07:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14849
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item