SIKAP INDONESIA TERHADAP WHO TERKAIT DENGAN KASUS FLU BURUNG

AMANDA AMELIA, 070517748 (2009) SIKAP INDONESIA TERHADAP WHO TERKAIT DENGAN KASUS FLU BURUNG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-ameliaaman-18646-fis.hi.3-k.pdf

Download (429kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-ameliaaman-15376-fis.hi.3-s.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada tahun 2005 Flu Burung telah masuk ke Indonesia dan berkembang menjadi wabah. Adanya wabah tersebut tentu membuat masyarakat Indonesia panik karena penularan dari penyakit ini sangat cepat dan apabila penanganannya terlambat maka dampaknya adalah menimbulkan kematian. Pemerintah Indonesia melalui Menteri Kesehatannya yang bernama Siti Fadilah Supari segera mengambil beberapa langkah seperti mempersiapkan rumah sakit-rumah sakit domestik, menaikkan anggaran dan membeli obat Tamiflu. Dalam mengatasi wabah Flu Burung, pemerintah Indonesia bekerjasama dengan WHO. Selama ini Indonesia telah bekerjasama dengan WHO selama lebih dari 50 tahun. Namun, pada tahun 2006 Indonesia mengambil kebijakan untuk menolak mengirimkan sample virus Flu Burung kepada WHO. Fokus didalam penelitian ini adalah untuk mengetahui mengapa Indonesia menolak untuk mengirimkan sample virus Flu Burung kepada WHO. Tentu apa yang dilakukan oleh Indonesia adalah hal yang menarik untuk diteliti karena belum pernah ada negara yang melakukan hal serupa. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa Indonesia menolak untuk mengirim sample virus kepada WHO adalah karena Indonesia menilai bahwa mekanisme virus sharing yang diterapkan oleh WHO tidak adil dan transparan karena tidak memberikan benefit sharing kepada negara yang mengirimkan sample virusnya kepada WHO. Disamping itu, penolakan Indonesia tersebut juga disebabkan karena adanya kepentingan nasional Indonesia seperti kepentingan untuk mendapatkan posisi yang setara dalam menjalin kerjasama dengan WHO. Disamping itu, juga ada kepentingan Indonesia untuk memproduksi vaksin sendiri yang diharapkan dengan memproduksi vaksin sendiri maka dapat mensejahterakan rakyat dalam bidang kesehatan. Kata Kunci : Flu Burung, virus sharing, dan benefit sharing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis.HI.36/10 Ame s
Uncontrolled Keywords: AVIAN INFLUENZA VIRUSES
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ4835-5490 International organizations and associations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsEmail
AMANDA AMELIA, 070517748UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorLilik Salamah, Dra. , M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Hatra Iswara
Date Deposited: 09 May 2011 12:00
Last Modified: 23 Sep 2016 09:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14867
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item