DIPLOMASI WAHANA LINGKUNGAN HIDUP INDONESIA DALAM UPAYA MENENTANG PRIVATISASI AIR DI INDONESIA

ANGGAZA EL WIDYA (2009) DIPLOMASI WAHANA LINGKUNGAN HIDUP INDONESIA DALAM UPAYA MENENTANG PRIVATISASI AIR DI INDONESIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul “Dipomasi Walhi Dalam Upaya Menentang Privatisasi Air di Indonesia”. Investigasi pertama kali Walhi dilakukan setelah PAM Jaya diprivatisasi oleh British Thames Water guna mengetahui dampak dari pengalihan pengolahan air dari Negara kepada pihak swasta. Walhi tidak melihat adanya dampak positif dari privatisasi tersebut. Dikeluarkannya UU tentang air semakin menambah kontroversi dan kritik serta protes dari masyarakat. Karena UU ini dinilai semakin memuluskan praktik kontroversi. Dari fenomena tersebut, muncul pertanyaan apa upaya diplomasi Walhi dalam menentang privatisasi air di Indonesia ? Dalam landasan teoritiknya, penulis menjelaskan fenomena diplomasi publik yang dilakukan Walhi melalui teori non state actor diplomacy, teori Kelompok kepentingan, dan pluralism image. Dengan pemaparan teori dan konsep tersebut, diharapkan bisa secara komprehensif dan tepat sasaran dalam menjelaskan diplomasi ProFauna Indonesia dalam upaya repatriasi orangutan dari Thailand ke Indonesia. Sedangkan dalam definisi konseptualnya, penulis menjelaskan tentang konsep privatisasi. Dalam pelaksanaannya, Walhi hanya terbatas pada upaya menentang privatisasi. Namun penelitian ini berhasil menjawab pertanyaan penelitian bahwa upaya strategis Walhi adalah investigasi, negoisasi, kampanye, demonstrasi, dan komunikasi dan juga kerjasama sinergis dengan masyarakat dan LSM sekitar. Kata kunci : Privatisasi Air, Diplomasi Walhi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis.HI.39/10 Wid d
Uncontrolled Keywords: PRIVATIZATION WATER CONSUMER
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD878-894 Special types of environment. Including soil pollution, air pollution, noise pollution
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
ANGGAZA EL WIDYAUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBaiq L. S. W. Wardhani, Dra., MA., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Hatra Iswara
Date Deposited: 10 May 2011 12:00
Last Modified: 26 Sep 2016 02:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14881
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item