PENGARUH KEAMANAN REGIONAL ASIA TIMUR TERHADAP PEMINDAHAN PANGKALAN AMERIKA SERIKAT DI OKINAWA

WILLY MARSHALL BEATHRISCHA RAWUNG, 070610310 (2010) PENGARUH KEAMANAN REGIONAL ASIA TIMUR TERHADAP PEMINDAHAN PANGKALAN AMERIKA SERIKAT DI OKINAWA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-rawungwill-19065-fis.hi.9-k.pdf

Download (477kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-rawungwill-15861-fis.hi.9-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Posisi Jepang di Asia Timur tidak bisa dilepaskan dari keberadaan AS sebagai partner aliansi utamanya. Hubungan tersebut sangat berpengaruh terhadap posisi geopolitik Jepang di Asia Timur terutama terkait dengan hubungan yang terjadi dalam bidang keamanan. Salah satu isu yang paling berkembang adalah terkait dengan isu mengenai pemindahan pangkalan militer AS, pangkalan udara Futenma yang berada di Pulau Okinawa. Pemindahan pangkalan militer tersebut deras disuarakan sejak tahun 1996 oleh pemerintahan Jepang dan disuarakan kembali melalui Perjanjian Okinawa pada tahun 2006 yang berisi tentang pemindahan pangkalan udara tersebut, ke sisi lain pulau Okinawa dan 8000 marinir AS menuju Guam. Pada tahun 2009, Pergantian rezim Jepang dari Liberal Democratic Party (LDP) kepada Democratic Party of Japan (DPJ) membuat perjanjian ini kemudian ditelaah kembali dengan fokus untuk memindahkan pangkalan udara Futenma keluar dari Jepang dan mengurangi keberadaan kekuatan militer AS di Jepang secara signifikan. Namun demikian, usaha Jepang ini tidak bisa dilanjutkan dikarenakan revisi terhadap Perjanjian Okinawa tidak dilakukan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah penyebab ketidakmampuan Jepang dalam pemindahan pangkalan Futenma keluar dari wilayah Jepang, merevisi perjanjian yang telah dibuat tahun 2006. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatif dan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Hipotesis dalam penelitian ini adalah adanya faktor konstelasi politik regional berupa kemunculan Cina sebagai kekuatan besar dan adanya ancaman dari kapabilitas nuklir Korea Utara sehingga mempengaruhi kebijakan Jepang untuk tetap mempertahankan pangkalan udara Futenma di Okinawa. Selain itu, keberadaan Amerika Serikat sebagai partner utama Jepang, di kawasan Asia Timur juga turut berpengaruh terhadap konsiderasi kebijakan yang diambil oleh Jepang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis.HI.92/10 Raw p
Uncontrolled Keywords: LIBERAL DEMOCRATIC PARTY DEMOCRATIC PARTY OF JAPAN
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ1305-2060 Scope of international relations. Political theory. Diplomacy > JZ1464-2060 Scope of international relations with regard to countries, territories, regions, etc.
J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ5511.2-6300 Promotion of peace. Peaceful change > JZ5587-6009 International security. Disarmament. Global survival
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsEmail
WILLY MARSHALL BEATHRISCHA RAWUNG, 070610310UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorWahyudi Purnomo, Drs., M.PhillUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 23 Jun 2011 12:00
Last Modified: 16 Aug 2016 07:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14884
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item