Implementasi Kebijakan Layanan Kantor Pertanahan Bergerak (LARASITA) pada Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia di Kantor Pertanahan Kota Bandung, Kantor Pertanahan Kota Denpasar, dan Kantor Pertanahan Kabupaten

FARADILA, RAISA, NIM. 070810503 (2012) Implementasi Kebijakan Layanan Kantor Pertanahan Bergerak (LARASITA) pada Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia di Kantor Pertanahan Kota Bandung, Kantor Pertanahan Kota Denpasar, dan Kantor Pertanahan Kabupaten. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-faradilara-23200-p.14-12--k.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-faradilara-19548-p.14-12-t.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tanah memiliki hubungan yang erat dengan segala aspek kehidupan manusia, dimana tanah sebagai tempat manusia berpijak, tumbuh, dan mencari kehidupan dan penghidupannya. Namun, terkadang kurangnya kesadaran masyarakat dalam sertipikasi tanah, menjadikan tanah sebagai sumber konflik dan sengketa dalam hal perebutan dan penguasaan tanah. Tahun 2007, BPN RI melakukan sebuah terobosan di bidang pertanahan dengan menciptakan kebijakan Larasita. Larasita adalah kebijakan yang berpedoman dari apa yang dipikirkan antara masyarakat dengan lembaga BPN RI. Kebijakan ini diimplementasikan di kantor pertanahan kota/kabupaten seluruh Indonesia. Dalam implementasi Larasita, terdapat banyak hal untuk dikaji, mengenai kelembagaan, kepentingan yang terwakili dalam kebijakan serta dampak dari kebijakan Larasita. Dengan menggunakan teori implementasi Grindle, penelitian ini berupaya untuk menemukan jawaban melalui interpretasi tindakan dan konstruksi pemikiran aktor dalam menjalankan kebijakan , menemukan dan menganalisis kepentingan yang dimiliki aktor, serta mengkaji cara aktor dalam meningkatkan kinerja kebijakan dan pelayanan publik di tiap kantor pertanahan agar sesuai dengan tujuan BPN RI selaku pembuat kebijakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 P.14/12 Far t
Uncontrolled Keywords: PUBLIC SERVICE ; COOPERATIVE SOCIETIES
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD101-1395.5 Land use Land tenure
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
FARADILA, RAISA, NIM. 070810503UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorBudi Prasetyo, Dr., Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 14 Mar 2012 12:00
Last Modified: 29 Sep 2016 02:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14905
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item