SOSIALISASI NILAI-NILAI BERPRESTASI OLEH ORANG TUA PADA ANAK:STUDI KASUS PADA SISWA BERPRESTASI DI SMPN 2 NGANJUK

SHINTADEWI, DHINI CAHYANI, NIM. 070810607 (2012) SOSIALISASI NILAI-NILAI BERPRESTASI OLEH ORANG TUA PADA ANAK:STUDI KASUS PADA SISWA BERPRESTASI DI SMPN 2 NGANJUK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-shintadewi-23468-s.04-12--k.pdf

Download (445kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-shintadewi-19841-s.04-12-s.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti tentang prestasi anak, baik itu prestasi akademik maupun non-akademik, mulai dari tingkat prestasi lokal sampai ke tingkat provinsi yang terdapat di SMP Negeri 2 Nganjuk. Hal tersebut tentunya bukan hanya dari pola pendidikan yang ada pada lembaga pendidikan, akan tetapi juga karena adanya faktor lain, yang dalam hal ini ini adalah lingkungan keluarga, terlebih orang tua, dimana orang tua juga berperan dalam mendidik anak-anaknya. Sosialisasi nilai-nilai berprestasi pada anak pada dasarnya dipengaruhi oleh orang tua. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab pertanyaan penelitian yaitu Bagaimana orang tua melakukan sosialisasi nilai-nilai berprestasi dalam belajar pada anak di sekolah. Studi tentang sosialisasi nilai-nilai berprestasi ini menggunakan teori pilihan prestasi David Mc.Clelland dengan teori Need for Achievement. Teori tersebut kemudian didukung dengan teori sosialisasi George Herbert Mead dengan teorinya mind, self and society. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Sementara untuk menggali data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara mendalam dan observasi. Untuk menentukan informan, peneliti menggunakan metode purposive yang telah ditentukan kriterianya. Data yang didapat dari para informan melalui wawancara mendalam dan hasil observasi akan dijabarkan dan kemudian dianalisis dengan menggunakan metode dan prosedur penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orang tua yang memberikan layanan terbaik untuk pendidikan kepada mereka, maka dapat memperoleh hasil prestasi yang baik dan memuaskan. Cara orang tua mensosialisasikan nilai-nilai berprestasi yaitu dengan mengembangkan bakat, mengembangkan minat, dan memberikan motivasi belajar pada anak. Selain pendidikan formal orang tua juga membekali anak dengan pendidikan informal yang baik, yaitu dengan mengikuti les tambahan atau dan mengikuti program ekstrakurikuler di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 S.04/12 Shi s
Uncontrolled Keywords: DEVELOPMENTAL PSYCHOLOGY; ACHIEVEMENT MOTIVATION
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1603-1696.6 Secondary education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2801-3095 School administration and organization > LB3011-3095 School management and discipline > LB3050-3060.87 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
SHINTADEWI, DHINI CAHYANI, NIM. 070810607UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDoddy Sumbodo Singgih, Drs., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 02 Apr 2012 12:00
Last Modified: 28 Sep 2016 09:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14917
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item