MAKNA UANG DALAM KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT PINGGIRAN SURABAYA: Studi Deskriptif Pada Para Nasabah di Kampung Gading Karya

Soraya, Voni, NIM. 070810071 (2012) MAKNA UANG DALAM KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT PINGGIRAN SURABAYA: Studi Deskriptif Pada Para Nasabah di Kampung Gading Karya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-sorayavoni-23483-s.12-12--k.pdf

Download (458kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-sorayavoni-19863-s.12-12-m.pdf
Restricted to Registered users only

Download (854kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penulisan skripsi ini membahas tenang bagaimana para nasabah di Kampung Gading Karya memaknai uang dalam kehidupan social ekonomi mereka dan juga alasan berhutang pada rentenir. Namun, pada saat ini, hutang merupakan aktivitas yang tidak tabu lagi. Hutang dilakukan karena adanya kelangkaan akan uang. Dalam penelitian ini yang menjadi focus penelitian adalah bagaimana para nasabah di kampong Gading Karya memaknai uang dan apa alas an mereka memilih berhutang pada lembaga informal seperti rentenir. Dalam penelitian ini, teori yang digunakan adalah milik George Simmel tentang berubahnya fungsi uang dan juga teori milik James Coleman tentang pilihan rasional. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan paradigma definisi sosial. Sementara untuk menggali data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara (indepth interview) dan observasi. Untuk menentukan informan, peneliti menggunakan metode snow ball. Data yang didapat dari para informan dan hasil observasi akan dijabarkan dan kemudian dianalisis dengan menggunakan metode dan prosedur penelitian kualitatif. Hasil yang di peroleh dari penelitian ini adalah, bahwa para nasabah di kampung Gading Karya memaknai uang tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan pokok atau prrimer. Melainkan untuk kebutuhan yang bersifat untuk meningkatkan status sosial. Dan alasan mereka lebih senang berhutang pada seorang rentenir karena para nasabah hampir tidak memiliki suatu barang jaminan yang dapat di berikan pada pihak lembaga formal seperti Bank. Dan berhutang pada rentenir juga sangat mudah dalam masalah pembayaran. Kata Kunci : Hutang, Bunga, Uang, Rentenir Dan Alasan Hutang Di Rentenir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 S.12/12 Sor m
Uncontrolled Keywords: BANKS AND BANKING-POOR FAMILY ; POVERTY
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG201-1496 Money
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG3691-3769 Credit. Debt. Loans
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
Soraya, Voni, NIM. 070810071UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDoddy Sumbodo Singgih, Drs., Msi.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 02 Apr 2012 12:00
Last Modified: 28 Sep 2016 07:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14925
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item