RESPON MASYARAKAT PEMINAT POSYANDU DI PERKOTAAN :Studi Deskriptif Tentang Posyandu di Kelurahan Pegirian Kecamatan Semampir Kota Surabaya

Miko Putri Asih, 070710316 (2012) RESPON MASYARAKAT PEMINAT POSYANDU DI PERKOTAAN :Studi Deskriptif Tentang Posyandu di Kelurahan Pegirian Kecamatan Semampir Kota Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ANT.05-12 Asi r abstrak.pdf

Download (339kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ANT.05-12 Asi r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berbagai kasus yang berhubungan dengan masalah gizi balita sebagai masalah yang sebelumnya sudah dianggap tuntas atau setidaknya tidak menjadi masalah utama dalam pembangunan kesehatan, membuka kembali ingatan lama baik dari pemerintah maupun masyarakat tentang Posyandu. Posyandu menjadi tidak terurus pada era reformasi. Kasus balita dengan gizi buruk masih marak terjadi di hampir semua kecamatan di kota Surabaya, termasuk di wilayah Kecamatan Semampir. Permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah bagaimana respon masyarakat peminat Posyandu terhadap model pelayanannya dan bagaimana tanggapan masyarakat sekitar tentang pelayanan Posyandu di wilayahnya. Skripsi ini dibuat dengan tujuan untuk mendeskripsikan respon masyarakat yang menjadi peminat Posyandu terhadap model pelayanannya. Respon ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi Pemerintah mengenai hal-hal apa saja yang perlu diperbaiki dalam revitalisasi Posyandu. Selain itu, untuk mendeskripsikan tanggapan masyarakat sekitar terhadap Posyandu di wilayahnya. Manfaat yang diperoleh antara lain diharapkan dapat memberikan masukan atau solusi kepada Posyandu untuk dapat memberikan pelayanan kesehatan dengan lebih baik, baik dari segi pelayanan lima meja, keterampilan kader, lokasi kegiatan, dan program makanan tambahan. Penelitian ini dikaji dengan menggunakan suatu konsep inti yang dikemukakan oleh Kleinman (1980) yaitu sistem perawatan kesehatan. Sistem perawatan kesehatan memberikan pemahaman mengenai bagaimana pelaku-pelaku pada suatu masyarakat tertentu dalam memikirkan mengenai perawatan kesehatan dan cara-cara bertindak untuk mengatasi masalah kesehatan. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini bersifat kualitatif. Penggunaan tipe kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan suatu permasalahan yang berangkat dari adanya fenomena di lapangan. Untuk pengumpulan data, penelitian ini menggunakan metode wawancara dan metode observasi. Berdasarkan penelitian, bahwa respon masyarakat peminat Posyandu dan tanggapan masyarakat sekitar terhadap Posyandu berbeda-beda. Hal ini dapat bersifat positif dan negatif yang dapat dilihat dari adanya pengetahuan, sikap, dan perilaku mereka. Pada akhirnya, penelitian ini dapat bermanfaat bagi pihak-pihak terkait untuk mengembangkan Posyandu menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 ANT.05/12 Asi r
Uncontrolled Keywords: Posyandu, revitalisasi Posyandu, respon
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsEmail
Miko Putri Asih, 070710316UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
EditorToetik Koesbardiati, Dr. philUNSPECIFIED
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 10 Apr 2012 12:00
Last Modified: 09 Jul 2017 23:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14936
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item