STUDI FORENSIK TENTANG IDENTIFIKASI PANJANG DAN LEBAR TELAPAK TANGAN UNTUK MEMPREDIKSI TINGGI BADAN, BERAT BADAN DAN PERAWAKAN TUBUH

Happy Tirta Trihastari, 070810056 (2012) STUDI FORENSIK TENTANG IDENTIFIKASI PANJANG DAN LEBAR TELAPAK TANGAN UNTUK MEMPREDIKSI TINGGI BADAN, BERAT BADAN DAN PERAWAKAN TUBUH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ANT.06-12 Tri s abstrak.pdf

Download (418kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
ANT.06-12 Tri s.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Identifikasi panjang dan lebar telapak tangan dapat digunakan untuk mengestimasi atau memprediksi pengaruh panjang dan lebar telapak tangan dalam mengidentifikasi tinggi badan dan berat badan, bentuk morfologi dan perawakan tersebut dalam penyelesaian kasus yang berhubungan dengan identitas tubuh mayat tidak dikenal dengan menggunakan ilmu dan keahlian forensik. Sampel untuk data penelitian berasal dari mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dengan teknik penarikan sampel yang digunakan adalah metode Purposive Sampling yaitu teknik sampling yang digunakan peneliti di dalam pengambilan sampelnya untuk dianalis penulis mempertimbangkan faktor studi kasus yang representatif diamati, yaitu dengan mengambil sejumlah anggota sampel tertentu sesuai dengan kehendak peneliti dari daftar semua unsur populasinya dimana dalam penelitian ini sampel dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu laki-laki sebanyak 54 orang dan perempuan sebanyak 49 orang. Secara statistik dapat diketahui bahwa ukuran panjang dan lebar telapak tangan dapat digunakan sebagai variabel yang berpengaruh pada tinggi badan dan berat badannya. Dari hasil estimasi secara statistik, pada sampel perempuan, ukuran panjang dan lebar telapak tangan baik asli maupun cetak sama-sama signifikan pengaruhnya terhadap berat badannya, dan pada tinggi badan hanya dipengaruhi oleh variabel panjang telapak tangan baik asli maupun cetak. Pada sampel laki-laki ukuran panjang dan lebar telapak tangan asli maupun cetak yang berpengaruh signifikan terhadap tinggi badan. Pada berat badan pada sampel laki-laki hanya dipengaruhi oleh variabel lebar telapak tangan baik asli maupun cetak. Relevansi IR pada persamaan regresi tinggi dan berat badan, apabila terdapat penyimpangan yang signifikan pada hasil regresi terhadap IR, maka diindikasikan regresi tersebut cenderung tidak signifikan. Variasi morfologi tangan di antaranya adalah brachycheri merupakan jenis tangan yang sering muncul atau bentuk tangan yang umum dimiliki oleh individu, mesocheri dan hyperbrachycheir merupakan jenis tangan selanjutnya yang sering muncul atau bentuk tangan yang umum dimiliki oleh individu, sedangkan jenis tangan hyperdolichocheri tidak ditemukan dalam sampel laki-laki namun ditemukan satu sampel pada perempuan, sedangkan untuk jenis tangan dolichocheri hadir tetapi dengan jumlah yang relatif sedikit. Informasi tinggi badan, berat badan (sebagai hasil estimasi dari cetakan maupun asli), konstitusi tubuh dan morfologi dapat digambarkan perawakan tubuh seseorang sebagai patokan pada kasus apabila ditemukan jejak tangan maupun potongan tangan mayat yang tidak mengalami dekompos.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 ANT.06/12 Tri s
Uncontrolled Keywords: Panjang Telapak Tangan, Lebar Telapak Tangan, Identifikasi Forensik
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsEmail
Happy Tirta Trihastari, 070810056UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
EditorToetik Koesbardiati, Dr. Phil.UNSPECIFIED
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 10 Apr 2012 12:00
Last Modified: 22 Sep 2016 01:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14937
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item