PENGARUH TINGKAT RESPONSIVITAS PEGAWAI PAJAK TERHADAP TINGKAT KEPUASAN BAYAR WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK SECARA OFFLINE DI KANTOR PELAYANAN PAJAK SIDOARJO UTARA

Haris Suprananda, 070710217 (2012) PENGARUH TINGKAT RESPONSIVITAS PEGAWAI PAJAK TERHADAP TINGKAT KEPUASAN BAYAR WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK SECARA OFFLINE DI KANTOR PELAYANAN PAJAK SIDOARJO UTARA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (557kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

KPP Sidoarjo Utara merupakan bagian dari Dirjen Pajak yang berhadapan langsung dengan masyarakat, khususnya dengan WP. KPP dituntut untuk memberikan pelayanan. Masalahnya “Apakah ada pengaruh responsitivitas pegawai pajak terhadap tingkat kepuasan bayar WP di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sidoarjo Utara? Untuk itu diajukan hipotesis yang hendak diuji: ”Semakin tinggi tingkat responsivitas Pegawai Pajak akan diikuti semakin tingginya tingkat kepuasan Wajib Pajak dalam membayar pajak.” Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sifat data adalah primer dengan jenis interval. Data diperoleh melalui instrumen kuesioner. Isi kuesioner berupa pernyataan-pernyataan dengan model skala sikap Likert, dengan empat alternatif jawaban: (1) Sangat Tidak Setuju (STS), (2) Tidak Setuju (TS), (3) Setuju (S), dan (4) Sangat Setuju (SS). Instrumen diujicobakan terhadap 20 orang WP dengan validitas menggunakan korelasi product moment Pearson dan reliabilitas dengan menggunakan Cronbach Alpha. Populasi penelitian adalah para WP untuk wilayah KPP Sidoarjo Utara. Pengambilan sampel menggunakan teknik “quota insidental sampling,” sebanyak 100 orang WP. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, dengan Y sebagai variabel kepuasan bayar WP dan X variabel responsivitas pegawai pajak. Melalui bantuan program SPSS ver 15 didapatkan persamaan regresi: Y = 0,071 X1 - 0,052 X2 - 0,070 X3 + 0,116 X4 + 12,35 dengan X1 = empati, X2 = kecepatan, X3 = kewajaran dan X4 = kemudahan. Melalui Anova diperoleh R2 = 0,45, yang berarti variabel responsivitas dapat menjelaskan variabel kepuasan bayar WP sebesar 45%. Selebihnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diidentifikasi dalam penelitian ini. Dari uji F diperoleh nilai Freg (2,58) > Fteoretik (2,47) pada taraf signifikansi 5%. Untuk itu disimpulkan bahwa variabel-variabel responsivitas secara serentak berpengaruh terhadap kepuasan bayar WP. Dari uji t diperoleh hasil bahwa secara parsial variabel-variabel responsivitas tidak berpengaruh terhadap kepuasan bayar WP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 AN.17/12 Sup p
Uncontrolled Keywords: PUBLIC SERVICES; TAXATION
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2240-5908 Revenue. Taxation. Internal revenue > HJ2326-2327 Progressive taxation
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsEmail
Haris Suprananda, 070710217UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSunaryo, Drs. , M.PStUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email nafisa@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 23 Apr 2012 12:00
Last Modified: 09 Jul 2017 23:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14974
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item