KONFLIK HAMAS DENGAN FATAH: KETERLIBATAN ISRAEL

ARRISSA FAUZIARACHMAN, 070417358 (2009) KONFLIK HAMAS DENGAN FATAH: KETERLIBATAN ISRAEL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (32kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-fauziarach-10161-fishi0-9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengaitkan kausalitas antara keterlibatan Israel dengan konflik antara Hamas dan Fatah. Permasalahan dalam penelitian eksplanatif dengan analisis kualitatif ini adalah mengapa Israel melibatkan diri dalam konflik antara kedua faksi tersebut. Permasalahan itu kemudian diteliti dengan sebuah desain penelitian yang memadukan peringkat analisis negara bangsa sebagai unit analisis dan kelompok individu sebagai unit eksplanasi dengan landasan teoritik teori kebijakan luar negeri, teori strategi, dan konsep intervensi sehingga ditemukan hipotesis yang pada prinsipnya memuat hubungan kausal antara pengaruh konflik kelompok Hamas dengan Fatah dengan kebijakan luar negeri Israel. Melalui analisis terhadap sebaran data dan fakta sejak Hamas memenangkan pemilihan umum legislatif pada tanggal 25 Januari 2006 hingga pembentukan kabinet darurat Palestina oleh Presiden Mahmoud Abbas dari unsur Fatah pada Juni 2007, ditemukan bukti bahwa ada dua motif keterlibatan Israel dalam konflik. Pertama, Israel menginginkan yang memimpin Palestina adalah pihak yang loyal dan mau berkompromi dengannya. Terpilihnya Hamas meresahkan Israel, karena pemikiran dan garis perjuangan Hamas dianggap mengancam eksistensi dan kepentingannya. Sehingga, konflik antara Hamas dengan Fatah ditujukan untuk menggulingkan Hamas dari peta perpolitikan Palestina dan mendorong Fatah untuk kembali memerintah Palestina. Kedua, Israel menyadari bahwa konflik Hamas dengan Fatah akan menghancurkan Palestina. Sehingga, alasan keterlibatan Israel berikutnya adalah untuk melanggengkan konflik antara Hamas dengan Fatah, yang akan mengganggu fokus kedua kubu berkuasa di Palestina itu dari tujuan utama mereka untuk memperjuangkan nasib rakyat Palestina dan menuntut wilayah kepada Israel. Dengan demikian, penelitian yang menggunakan studi kepustakaan sebagai teknik pengumpulan datanya ini berhasil membuktikan hipotesis yang diajukan oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis HI 09/09 Fau k
Uncontrolled Keywords: CONFLIC - POLITICS; POLITICS - MASS MEDIA
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ6385-6405 The armed conflict. War and order
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ARRISSA FAUZIARACHMAN, 070417358UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorDjoko Sulistyo, Drs. MSUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 04 Sep 2009 12:00
Last Modified: 27 Jul 2016 01:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14997
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item