E-DEMOCRACY: PENGARUH PERKEMBANGAN ICTs (INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGIES) TERHADAP DEMOKRASI DI AMERIKA SERIKAT

FAIZAL AZHARI, 070216747 (2006) E-DEMOCRACY: PENGARUH PERKEMBANGAN ICTs (INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGIES) TERHADAP DEMOKRASI DI AMERIKA SERIKAT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-azharifaiz-3031-fishi5-6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Demokrasi di Amerika Serikat tidak hanya diakui sebagai ideologi, tetapi juga disepakati sebagai jalan hidup. Hal ini terwujud dalam pentingnya internalisasi nilai-nilai demokrasi tersebut sebagai sistem politik yang mengindikasikan kebebasan, kompetisi, dan partisipasi politik yang ideal. Di sisi lain, perkembangan ICTs (Information and Communication Technologies) yang cepat merupakan realitas yang tidak bisa dipungkiri, di mana internet sebagai salah satu bentuk perkembangan tersebut menjadi icon penting dalam perkembangan dunia sekarang ini. Semakin meningkatnya perkembangan ICTs, khususnya internet, baik secara kualitas dan kuantitas penggunanya (netizens), tidak bisa dihindari lagi menyebabkan pemanfaatan internet di semua bidang kehidupan, tentunya dalam kehidupan politik dan demokrasi khususnya. Kemudian permasalahannya adalah bagaimana pengaruh perkembangan ICTs tersebut terhadap demokrasi. Dengan menetapkan demokrasi di Amerika Serikat sebagai objek analisa, dan internet sebagai fokus dari perkembangan ICTs tersebut, maka permasalahan ini diteliti dengan desain penelitian yang memadukan kerangka teoritik: demokrasi sebagai sistem politik, pengaruh perkembangan ICTs terhadap demokrasi, dan cyberspace sebagai ruang publik, sehingga dihasilkan hipotesis yang secara optimis melihat pengaruh tersebut mendorong perkembangan demokrasi elektronik (e-democracy) dan perluasan ruang publik. Melalui desain penelitian yang terukur dan melakukan kajian pustaka, dihasilkan temuan bahwa pengaruh perkembangan perkembangan e-democracy di Amerika Serikat telah memberi "semangat baru" bagi peran demokrasi sebagai sistem politik. Terjaminnya kompetisi politik dan kebebasan politik, serta peningkatan partisipasi, telah dibuktikan secara faktual dengan perkembangan e-democracy tersebut. Selain itu, juga terjadi perluasan ruang publik, di mana internet sebagai cyberspace secara kuantitas khususnya, mengalami peningkatan jumlah netizens setiap harinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. HI. 56/06 Azh e
Uncontrolled Keywords: DEMOCRACY
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T10.5-11.9 Communication of technical information
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
FAIZAL AZHARI, 070216747UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorI BASIS SUSILO, Drs.MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 29 Nov 2006 12:00
Last Modified: 09 Jul 2017 23:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14999
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item