PENERIMAAN KHALAYAK REMAJA TERHADAP ACARA HIPNOTIS DI SCTV

HENKY KURNIAWAN HARTONO, 070016212 (2006) PENERIMAAN KHALAYAK REMAJA TERHADAP ACARA HIPNOTIS DI SCTV. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
4. Abstrak Fis K 14-06 Har p.pdf

Download (320kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-hartonohen-1282-fisk_14-6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Reality show merupakan sebuah komoditas baru untuk mendulang keuntungan bagi kalangan pemilik stasiun televisi. Maraknya program reality show di stasiun televisi Indonesia merupakan salah satu contoh bagaimana khalayak di Indonesia masih membutuhkan bentuk program acara televisi yang benar-benar baru bagi mereka, tidak peduli apakah acara tersebut mengadopsi format acara stasiun televisi negara lain atau tidak. Hipnotis merupakan reality show pertama di Indonesia yang menyajikan hal baru selain yang bertema tentang ajang pencari bakat, mistik, dan reality show yang mengangkat tema-terra sosial. Acara HIPNOTIS memperkenalkan suatu yang unik dan Juga yang bisa menghibur orang. Hal ini bertolak belakang dengan anggapan masyarakat awam selama ini bahwa hipnotis dihubung-hubungkan dengan gendam yang merupakan bagian dari tindak kejahatan yang menakutkan. Tinjauan pustaka yang digunakan sebagai panduan dalam penelitian ini adalah khalayak dalam komunikasi massa, reception analysis, televisi sebagai media massa, dan remaja sebagai fase menuju dewasa. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan jenis penelitian eksploratif, yaitu berusaha menggali dan memahami pemaknaan dan penerimaan khalayak, terutama khalayak remaja terhadap acara HIPNOTIS. Metode penelitian yang digunakan adalah reception analysis. Reception analysis ini berkaitan dengan analisis-analisis yang dilakukan terhadap khalayak untuk melihat penerimaan khalayak terhadap acara HIPNOTIS. Metode pengumpulan data atau yang menjadi instrumen penelitian adalah dengan menggunakan Focus Group Discussion (FGD). FGD dipakai dalam penelitian ini karena peneliti ingin lebih melihat tentang bagaimana pesan televisi tersebut dibicarakan dan dinegosiasikan dalam sebuah lingkungan yang dapat diobservasi oleh peneliti. Objek dari penelitian ini adalah narasi-narasi kualitatif yang diperoleh dari hasil intepretasi Focus group discussion yang dilaksanakan di Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerimaan khalayak remaja terhadap acara HIPNOTIS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum khalayak remaja menganggap acara reality show merupakan acara yang menayangkan kejadian nyata, tanpa dibuat-buat. Namun ada juga partisipan yang menganggap bahwa tayangan di reality show itu ada juga yang direkayasa karena ada beberapa adegan yang terlalu dilebih-lebihkan sehingga kadang kala tidak masuk akal. Manfaat menonton acara HIPNOTIS menurut sebagian besar partisipan adalah untuk hiburan. Hiburan yang didapatkan pada saat menonton acara HIPNOTIS adalah pada saat menonton kelucuan yang terjadi pada saat adegan orang yang terhipnotis melakukan kekonyolan ketika melakukan apa saja sesuai dengan perintah si penghipnotis. Meskipun bagi beberapa partisipan hal tersebut dianggap tidak etis dan mempermalukan target hipnotis karena hal-hal tersebut tidak mungkin dilakukan ketika orang tersebut dalam keadaan normal. Pada kenyataannya partisipan tetap menonton acara HIPNOTIS dengan menganggap sisi positif atau manfaat yang bisa diambil dan tetap menyadari kelemahan-kelemahan dalam pesan media massa yang didapatnya. Copyrights:

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 14/06 Har p
Uncontrolled Keywords: COMMUNICATION MASMEDIA; REALITY TELEVISION PROGRAMS
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Creators:
CreatorsNIM
HENKY KURNIAWAN HARTONO, 070016212UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSiti Pudji Rahayu, Dra., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 31 May 2006 12:00
Last Modified: 11 Jul 2017 00:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15018
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item