PERAN MILITER JERMAN DALAM NATO SETELAH BERAKHIRNYA PERANG DINGIN

ANTONY RAHMAN, 070016199 (2006) PERAN MILITER JERMAN DALAM NATO SETELAH BERAKHIRNYA PERANG DINGIN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
10. Abstrak Fis HI 42-06 Rah p.pdf

Download (284kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-antonyrahm-1469-fishi-6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul peran militer Jerman dalam NATO setelah berakhirnya perang dingin yang membahas mengenai peran militer Jerman dalam NATO setelah berakhirnya perang dingin. Sebelum kekalahan Jerman dalam Perang Dunia Kedua, Jerman dikenal sebagai bangsa yang mempunyai militer sangat tangguh. Setelah kekalahannya sampai dengan unifikasi Jerman dan berakhirnya perang dingin, militer Jerman dibatasi secara ketat oleh konstitusi Jerman. Setelah berakhirnya perang dingin, Militer Jerman mulai memperbesar peran sebagai instrumen politik luar negeri, khususnya dalam kerangka kerja NATO. Peringkat analisis yang digunakan adalah negara bangsa. Unit analisis atau variabel dependen adalah peran militer Jerman dalam NATO, dan unit eksplanasi atau variabel independen adalah kondisi NATO setelah berakhirnya perang dingin. Sebagai kerangka berpikir, penelitian ini mengacu pada teori kebijakan luar negeri, pertahanan kolektif, dan kekuatan militer sebagai instrumen politik luar negeri. Hipotesis dari penelitian ini adalah militer Jerman berperan aktif dalam NATO setelah berakhirnya perang dingin dengan ikut serta dalam berbagai operasi militer NATO. Peran aktif tersebut terlihat mengalami peningkatan setelah terjadinya peristiwa September Eleventh. Melalui serangkaian penelitian dan telaah pustaka, diantaranya pada dokumen 50 Jahre Bundesrepublik Deutschland in der NATO dan dokumen Washington Treaty, serta data-data berbentuk tabel yang menunjukkan peran militer Jerman, hasil operasi militer; hipotesis diatas dapat dibuktikan kebenarannya bahwa militer Jerman berperan aktif dalam NATO.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS HI.42/06 Rah p
Uncontrolled Keywords: INTERNATIONAL RELATIONS, MILITARY POWER
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ1305-2060 Scope of international relations. Political theory. Diplomacy > JZ1464-2060 Scope of international relations with regard to countries, territories, regions, etc.
U Military Science > U Military Science (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsEmail
ANTONY RAHMAN, 070016199UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSiti Rokhmawati Susanto, S.IP., M.IRUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 19 Jul 2006 12:00
Last Modified: 11 Jul 2017 01:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15028
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item