INTEGRASI SOSIAL ETNIS CINA (Studi perkawinan antara etnis Cina dengan etnis lainnya di kota Surabaya)

ARTHA NUGRAHA JONAR, 079715423 (2006) INTEGRASI SOSIAL ETNIS CINA (Studi perkawinan antara etnis Cina dengan etnis lainnya di kota Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak Fis S 16-06 Jan i.pdf

Download (283kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-jonarartha-1498-fiss16-6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (928kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fenomena perkawinan antar etnis dapat dilihat sebagai salah satu strategi untuk mengintegrasikan etnis-etnis yang beragam di Indonesia. Akan tetapi tidaklah mudah untuk menyatukan dua budaya yang berbeda. Penulis menemukan permasalahan, yang menurut hemat penulis adalah menarik untuk diangkat menjadi permasalahan penelitian, yaitu: Bagaimana penerimaan keluarga etnis Cina terhadap anggota keluarga yang melakukan perkawinan dengan etnis lainnya di Surabaya? Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan analisis kualitatif. Informan diperoleh secara purposive (bertujuan) berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan, serta bersedia untuk diwawancarai sebanyak 5 orang. Teknik wawancara menggunakan wawancara tak berstruktur dan indepth interview untuk menggali informasi secara mendalam. Temuan penelitian menunjukkan bahwa hampir semua keluarga informan mempunyai latar belakang etnis budaya Cina yang masih dijalankan di dalam keluarganya. Hampir semua keluarga informan tidak memberikan persetujuan terhadap perkawinan antar etnis yang dilakukan oleh informan. Akan tetapi ketika perkawinan itu sudah berjalan, keluarga informan mau menerima perkawinan berbeda etnis tersebut. Proses penerimaan keluarga informan dilakukan dengan cara mengikutsertakan keluarga informan pada acara keluarga yang diadakan oleh keluarga pasangan informan. Penerimaan sosial keluarga informan terhadap perkawinan antar etnis yang dilakukan oleh informan akan dipandang sebagai salah satu bentuk integrasi yang dilakukan oleh etnis Cina.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis S 16/06 Jon i
Uncontrolled Keywords: ETHNIC RELATIONS
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV3176-3199 Special classes. By race or ethnic group
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
ARTHA NUGRAHA JONAR, 079715423UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHerwanto AM, Drs., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 24 Jul 2006 12:00
Last Modified: 11 Jul 2017 01:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15032
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item