IMPLIKASI KEBIJAKAN APPROVED DESTINATION STATUS (ADS)TERHADAP PERKEMBANGAN CHINA OUTBOUND TOURISM:TINJAUAN KEBIJAKAN PARIWISATA CINA PASKA PELAKSANAAN OPEN DOOR POLICY

ELIANA NOOR, 079715388 (2006) IMPLIKASI KEBIJAKAN APPROVED DESTINATION STATUS (ADS)TERHADAP PERKEMBANGAN CHINA OUTBOUND TOURISM:TINJAUAN KEBIJAKAN PARIWISATA CINA PASKA PELAKSANAAN OPEN DOOR POLICY. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
11. Abstrak Fis HI 29-06 Noo i.pdf

Download (302kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-nooreliana-1510-fishi2-6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (798kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kebijakan reformasi ekonomi dan keterbukaan yang diterapkan oleh Deng Xiaoping menyebabkan perekonomian Cina mengalami percepatan pertumbuhan yang begitu pesat. Meningkatnya kesejahteraan hidup menarik minat banyak wisatawan Cina untuk melakukan perjalanan wisata ke luar negeri (outbound tourism). Sehubungan dengan fenomena tersebut, Pemerintah Cina menerapkan serangkaian kebijakan. Salah satunya adalah Approved Destination Status (ADS) atau pemberian status kepada negara lain sebagai negara tujuan wisata bagi warga negara Cina daratan. Dalam menjelaskan mengapa Cina mengeluarkan kebijakan Approved Destination Status (ADS) dan implikasinya terhadap China Outbound Tourism, penulis menggunakan konsep kepentingan nasional, teori kebijakan luar negeri dan teori kerjasama internasional. Peringkat analisis yang digunakan adalah negara-bangsa dan sistem dimana unit analisisnya adalah kebijakan Approved Destination Status (ADS) sebagai bagian dari kebijakan pariwisata Cina paska pelaksanaan Open Door Policy. Sedangkan unit eksplanasinya adalah situasi dan kondisi internal maupun eksternal paska pelaksanaan Open Door Policy yang mempengaruhi pemerintah Cina dalam merumuskan kebijakan berkenaan dengan industri pariwisata, khususnya outbound tourism. Dari pemaparan dan analisis data, diperoleh penjelasan bahwa Approved Destination Status (ADS) sebagai bagian dari kebijakan pariwisata Cina paska pelaksanaan Open Door Policy merupakan strategi kebijakan yang ditujukan untuk mengatur secara ketat warga negara Cina yang melakukan perjalanan wisata ke luar negeri, mengontrol pengeluaran devisa dalam sektor outbound tourism; dan melindungi industri pariwisata nasional dari serbuan kompetisi asing. Pelaksanaan kebijakan Approved Destination Status (ADS) diwujudkan dalam berbagai macam peraturan yang bersifat mendorong maupun menghambat pertumbuhan pasar China Outbound Tourism.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis HI 29/06 Noo i
Uncontrolled Keywords: TOURIST TRADE
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ELIANA NOOR, 079715388UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorAjar Triharso, Drs., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 27 Jul 2006 12:00
Last Modified: 11 Jul 2017 02:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15035
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item